Tips Tetap Nyaman Memakai Sepatu <i>High Heels</i>
Ilustrasi sepatu hak tinggi (Unsplash/Andrew Tanglao)

Bagikan:

JAKARTA – Masalah paling mengganggu ketika memakai sepatu berhak tinggi dalam waktu yang lama adalah kaki lecet, tidak nyaman, dan kram setelahnya. Memakai sepatu hak tinggi maupun flat shoes dan sneaker perlu tetap nyaman.

Berdasarkan pernyataan American Podiatric Medical Association (APMA), hampir 71 persen wanita mengeluh sakit ketika memakai sepatu high heels. Jackie Sutra sebagai wakil dari APMA menjelaskan bahwa tumpuan berpusat pada ujung kaki merupakan penyebabnya.

Efeknya, berat tubuh tidak imbang dan lutut serta pinggul miring ke belakang sebab mengikuti berat tumpuan. Postur ini sering tak disadari, Anda bisa mengantisipasi dengan tips-tips di bawah ini. Tujuannya agar tidak lagi terasa sakit, kaki lecet, hingga kram pada malam hari setelah memakai sepatu hak tinggi.

Memilih sepatu yang nyaman

Kunci kenyamanan saat memakai sepatu high heels, bisa dilakukan mulai dari dua hal. Pertama, memastikan bantalan sepatu yang mampu meminimalisir rasa pegal dan risiko lecet.

Kedua, tinggi hak pada sepatu yang mempunyai heels tidak lebih dari 5 sentimeter. Saran lainnya, pilih ukuran heels yang bisa mendistribusikan kelembaman tubuh dengan seimbang. Misalnya, sepatu wedges atau platform yang memiliki heels lebih lebar dibanding stiletto.

Memastikan ukuran yang tepat

Memakai sepatu terlalu besar atau terlalu kecil tentu akan sangat menyiksa. Secara medis dipaparkan bahwa sepatu yang terlalu sempit berefek pada tulang jari dan peredaran darah pada kaki tidak lancar dan risiko lecet kaki lebih besar. Maka, pastikan ukuran sepatu yang Anda pakai pas.

Jika berbelanja sepatu via online store, cobalah mengukur panjang dan lebar kaki. Lalu pastikan sepatu yang mau kamu beli punya ukuran yang presisi dengan ukuran kaki.

Ketahui jenis kaki sebelum membeli

Ada bermacam-macam jenis kaki. Ini bisa dicek dengan cara membasahi kaki dan menapakkannya di lantai berwarna gelap atau pada kertas putih. Disitu akan terlihat jenis kaki high arch, normal atau flat.

Jenis pertama, high arch, lengkungan pada telapak kaki terlihat dalam. Untuk yang normal, lengkungan tidak terlihat dalam. Sedangkan yang flat lengkungan telapak kaki cenderung lebar.

Selain telapak kaki, perhatikan juga jari kaki. Jari kaki lebar tentu tidak akan nyaman memakai ujung sepatu hak tinggi yang lancip.

Pilih sepatu sol tebal

Sol yang tebal membuat tekanan terbagi hampir seimbang. Sebaliknya, sol sepatu tipis mayoritas membuat kaki terasa sakit saat memakainya.

Kenakan antiperspirant spray

Antiperspirant spray sebenarnya tidak mengurangi risiko timbulnya rasa sakit setelah berjam-jam memakai sepatu high heels. Spray ini bisa memberikan efek dingin untuk menunda rasa pegal dan sakit. Selain itu antiperspirant spray juga menjaga kaki tetap kering sehingga tidak mudah lecet.

Tambah bantalan

Bagian kaki yang sering lecet ketika memakai high heels adalah tumit dan ruas jari. Ketika lecet pada bagian tumit, dapat diatasi dengan menambahkan bantalan pada sepatu. Anda juga dapat menambahkan plester anti luka atau sol gel tambahan yang ditempelkan pada tumit agar lebih empuk.

Terakhir, cobalah untuk meregangkan kaki sesering mungkin ketika mengenakan sepatu hak tinggi. Caranya, lepaskan sebentar sepatu high heels dan gerakan ringan untuk peregangan.

Hindari memakai sepatu hak tinggi setiap hari ya. Beri jeda barang sehari atau dua untuk menghindari efek samping yang membuat tidak nyaman.