Perlu Hindari, 7 Kesalahan Memilih <i>Outfit</i> yang Bikin Terlihat Lebih Tua
Ilustrasi kesalahan memilih outfit bikin terlihat lebih tua (Unsplash/Andrey Zvyagintsev)

Bagikan:

JAKARTA – Pakaian dipilih berdasarkan impresi yang ingin didapatkan. Jangan sampai Anda memakai gaya pakaian yang outdated atau ketinggalan jaman plus membikin terlihat lebih tua.

Ada sejumlah pakaian yang enggak pernah kadaluarsa, tetapi apabila dikombinasikan dengan tidak tepat maka hasilnya akan menggagalkan penampilan Anda. Apa saja yang perlu dihindari agar tidak terlihat lebih tua dari usia Anda sesungguhnya? Ini daftarnya.

Memakai outfits warna hitam dari kepala sampai kaki

Warna hitam memancarkan kesan elegan dan berkelas, memang. Tetapi pertimbangkan berkali-kali jika mengombinasikan kemeja hitam, celana hitam, dan sepatu hitam. Rekomendasinya, beri aksesoris dengan warna lain untuk memecah kesan lebih tua.

Karena hitam adalah warna netral, maka Anda bebas mengombinasikannya dengan pakaian warna-warna lain. Alangkah lebih match dan percaya diri, pilih warna favorit Anda.

Pakaian dengan ukuran yang lebih besar

Berbeda dengan memakai sweater atau kaos oversize, misalnya Anda memakai kemeja kebesaran maka baiknya dipakai dengan cara tepat. Salah satunya dengan dimasukkan dalam celana ukuran straight atau fit body. Ini satu cara untuk menetralisir ukuran kebesaran yang bikin Anda terlihat lebih menua.

Rok kepanjangan

Tentu tidak nyaman, baik mengenakan rok yang kepanjangan maupun kemeja kebesaran. Nah, tips ketika Anda tertarik warna dan bahan rok tetapi ukurannya kepanjangan. Anda dapat mengombinasikan dengan high heels agar rok tidak ‘menyapu’ lantai.

Atau berikan sedikit waktu untuk merevisi style dan ukuran sehingga enggak kepanjangan.

Bingkai kacamata yang enggak pas dengan struktur wajah

Bingkai kacamata yang tebal dan lebar sedang trend. Anda dapat memilihnya untuk menonjolkan kesan mata. Tetapi jika bingkai kacamata tipis, alangkah lebih baik menambah riasan pada mata untuk tampil lebih bold.

Belanja style pakaian tak sesuai usia

Apabila Anda berusia 30 tahun ke atas, maka kenakan pakaian sesuai usia Anda. Jika memakai style yang sangat muda, maka rentang waktu akan membuat penampilan terlihat aneh. Sesuaikan juga aksesoris sesuai usia Anda.

Sepatu salah style

Sepatu dengan hak tebal tidak cocok untuk wanita yang memiliki tubuh curvy. Sedangkan sepatu sneakers warna-warni pop juga tidak cocok dipakai selain usia remaja. Untuk usia dewasa, pilihlah sepatu dengan bijak.

Tidak pula mengharuskan membeli sepatu model terbaru, tetapi direkomendasikan memilih sepatu yang sesuai gaya pakaian, usia, dan berat badan Anda agar tetap nyaman dikenakan.

Syal sutra menggantung di leher tanpa konteks

Gaya berpakaian era 60-an, memakai syal sutra di leher sangat populer. Tetapi jika tanpa konteks dan ditemani penyokong gaya lainnya, hindari memakainya. Kecuali Anda memakai dan menyukai gaya berpakaian retro, maka butuh syal sutra untuk pelengkap kesan gaya secara total.