Inspirasi <i>Remodeling</i> Pakaian Lama Agar Bergaya Kekinian, Punya Daftar <i>Outfit</i> ini?
Ilustrasi remodeling pakaian lama (Unsplash/Wilhelm Gunkel)

Bagikan:

JAKARTA – Lemari pakaian sudah penuh, tetapi hanya beberapa outfit saja yang sering dipakai? Apabila Anda memiliki banyak pakaian tetapi style-nya sudah mulai ketinggalan, maka dapat remodeling hanya bermodalkan kreativitas dan inspirasi di bawah ini.

Dilansir dari Rise World, Rabu, 14 April, secara global dari fashion dan industry tekstil diperkirakan menumpuk sampah sekitar 92 ton. Nah, untuk mereduksi jumlah tumpukan sampah yang tidak akan berefek positif pada lingkungan maka perlu juga memberi pengetahuan kepada konsumen.

Beberapa pengusaha fashion telah meresponnya dengan inovasi bisnis seperti persewaan pakaian. Nudie Jeans Co sebagai salah satu brand di Swedia juga mengusung sustainable denim companies yang menginisiasi program Free Repairs Forever.

Pada tahun 2019, perusahaan tersebut memperbaiki 63.281 lembar jeans dan menghemat 50.000 kilogram pakaian untuk tidak dibuang. Dari pengetahuan tersebut, tak keliru apabila Anda remodeling pakaian yang menumpuk dan style sudah ketinggalan. Ingin mencobanya, simak inspirasi di bawah ini.

Metamorfosa manset jadi rok pendek

Punya banyak manset beraneka motif dan tak tahu kapan bisa dipakai lagi? Ide brilian apabila Anda dapat membikinnya tampak ‘baru’.

Langkah pertama, pilih manset yang sudah longgar sehingga pas dengan pinggul. Manset longgar dapat bermetamorfosa menjadi rok pendek. Rok ini dapat dipadukan dengan atasan yang match.

Kulot disulap jadi dress elegan

Celana kulot yang udah kedodoran bisa dipakai sebagai outfit yang mendukung tampilan lebih elegan. Triknya, pakai satu sisi celana kulot ke torso atau bagian atas tubuh. Karet celana dipakai bagian dada. Lalu, biarkan bagian lain dari kulot menggantung sebagai aksen bagian depan.

Biar lebih pas dengan ukuran pinggang, tambahkan sabuk dengan warna sesuai selera.

Rok plisket bisa jadi dress unik

Sudah bosan dengan memakai rok plisket, maka Anda dapat memakainya dengan cara berbeda. Rok tersebut dapat dimodel ulang menjadi dress unik. Caranya seperti menyulap celana kulot, dan tambahkan cardigan supaya penampilan lebih elegan.

Oversize sweater

Butuh suasana baru dari koleksi sweater oversize yang Anda punya? Betul, dress hasil remodeling dari oversize sweater dapat dipakai untuk acara santai. Cukup tambahkan beberapa items buat melengkapi tampilan Anda, misalnya tambahkan blazer berwarna cantik.

Kaos bermotif lucu

Pakaian yang sudah lama dipakai ukurannya akan berubah. Daripada menumpuk dan dibuang sayang, Anda bisa menyulapnya menjadi straight skirt. Tinggal turunkan saja ke tubuh bagian bawah dan dapat dipasangkan dengan sepatu sneaker maupun flat shoes.

Dari inspirasi di atas, mana yang  akan Anda coba? Menarik bukan, bagaimana pakaian lama bermetamorfosa menjadi items baru.