Mau Belanja Produk Fashion dari Luar Negeri? Begini Tipsnya
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Belanja online memang menyenangkan. Anda tidak perlu capek jalan-jalan keliling mall untuk mencari barang-barang yang diinginkan. Serunya lagi, bahkan bisa beli produk-produk dari luar negeri hanya modal smartphone dan kuota internet. 

Banyak sekali pilihan situs belanja online luar negeri yang menarik perhatian. Selain pilihannya lebih beragam, banyak juga produk dari retail yang tidak masuk secara resmi di Indonesia. Udah gitu, banyak yang harganya lebih murah, banyak diskon pula. Makin ingin belanja kan jadinya? 

Buat yang belum terbiasa belanja online dari situs-situs internasional, mungkin awalnya agak membingungkan ya? Mungkin Anda pun masih ragu karena takut ribet di pembayaran, pengiriman, dan belum lagi takut kena tipu! 

Nah, kalau Anda penasaran ingin belanja dari situs luar negeri, ikuti tips berikut ini ya! 

Pilih situs terpercaya 

Sebelum Anda mulai hunting belanjaan, jangan lupa untuk memastikan bahwa situs tersebut memang terpercaya. Kalau mau lebih aman untuk pemula, sebaiknya pilih situs-situs yang memang sudah terkenal, baru deh bisa mulai mencari barang dan membandingkan harga. 

Untuk produk fashion, Anda bisa coba dek ASOS, Nastygal, Desigual, Net-a-Porter, eBay, dan Amazon. Pilihan produknya sangat beragam, Anda bisa cek-cek apakah ada barang yang Anda inginkan di situs-situs tersebut. 

Pilihan pembayaran

Memang tidak bisa dipungkiri kalau metode pembayaran dari situs luar negeri itu agak ribet. Minimal Anda mesti punya kartu kredit. Tapi saat ini ada beberapa bank yang punya fitur pembayaran serupa kartu kredit. Jadi Anda mesti cek dulu bagaimana cara pembayarannya dan pilih yang paling mudah untukmu ya! 

Memeriksa bea cukai 

Urusan bea cukai juga seringkali bikin orang jadi ragu untuk belanja dari luar negeri. Untuk hal ini, memang harus dipastikan ya. Beda jenis barang dan harga biasanya menentukan akan terkena pajak bea cukai atau tidak. Biasanya juga ada maksimum pembelanjaan agar tidak kena pajak. 

Teliti memilih produk

Belanja di situs luar negeri itu memang bikin semangat. Soalnya banyak barang-barang unik yang jarang ada di Indonesia. Tapi jangan lupa memeriksa setiap barang yang akan Anda beli dengan teliti ya! Bisa baca deskripsi produknya dengan baik, termasuk soal bahan dan ukuran. Cek semuanya sedetail mungkin biar tidak ada kejadian salah beli. 

Ongkos kirim

Kirim barang dari luar negeri, pasti sudah kebayang mahalnya ongkos kirim, ya? Ini memang jadi salah satu kendalanya. Kadang, ongkos kirim malah bisa lebih mahal dari barang yang dibeli. Tapi Anda bisa cek lebih lanjut, kadang ada juga lho situs belanja yang punya banyak pilihan soal pengiriman, misalnya biaya lebih murah tapi harus sabar karena sampainya lebih lama. Banyak juga yang kasih gratis ongkos kirim untuk minimum pembelian tertentu lho.