Tips untuk Wanita Modern, Perhatikan 5 Hal Ini saat Memakai Sepatu Hak Tinggi
Ilustrasi tips memakai sepatu hak tinggi untuk wanita modern (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sepatu hak tinggi termasuk aksesori sempurna untuk tampil menonjol. Selain merampingkak kaki, sepatu model ini juga meluruskan punggung serta membentuk postur lebih baik. Namun tak seperti yang terlihat, memakai sepatu hak tinggi penting memperhatikan hal berikut ini supaya tidak menyiksa atau membuat kaki terluka.

1. Pilih yang cocok sesuai struktur kaki

Struktur kaki penting diperhatikan. Jangan sampai Anda memilih sepatu hak tinggi yang tidak sesuai dengan struktur kaki. Langkah pertama untuk berjalan mulus memakai sepatu hak tinggi, adalah memakai sepatu yang pas. Jangan sampai terlalu sempit atau kebesaran. Pilih pula bahan yang berkualitas supaya nyaman. Sarannya, ganti sepatu hak setiap empat atau enam bulan sekali.

tips memakai sepatu hak tinggi untuk wanita modern
Ilustrasi tips memakai sepatu hak tinggi untuk wanita modern (Freepik/lookstudio)

2. Pakai dengan tepat

Berjalan memakai sepatu hak tinggi yang efektif harus dilakukan dengan postur yang benar. Berbeda seperti ketika memakai sepatu flat, memakai sepatu hak tinggi perlu memastikan ujung sepatu mendarat terlebih dahulu untuk menjaga keseimbangan. Memiliki otot inti dan betis yang kuat sangat berguna saatmengenakan sepatu hak tinggi. Jadi pastikan melakukan beberapa latihan secara teratur.

3. Berjalan dengan langkah kecil-kecil

Bagi seorang pemula, disarankan untuk berjalan dengan langkah kecil-kecil. Ini dilakukan supaya tidak melukai kaki. Berjalan dengan langkah lebih lebar membuat Anda goyah dan tidak natural saat berjalan. Maka saat Anda terburu-buru, sebisa mungkin hindari memakai sepatu hak tinggi.

Meletakkan kaki sedikit ke depan akan mengurangi tekanan dari ujung dan bagian tengah kaki. Hal ini memungkinkan Anda bisa mengontrol kaki dan menghindari tergelincir ke depan.

4. Perhatikan permukaan tempat Anda berjalan

Sebelum melangkah keluar, rencanakan hari Anda. Pertimbangkan area dan aktivitas yang akan Anda lakukan untuk membuat hari Anda mudah. Berjalan di permukaan beton datar lebih mudah dibandingkan dengan kerikil atau rumput. Permukaan yang tidak rata membutuhkan seseorang yang memakai hak tinggi untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada.

5. Rawat kaki dengan baik

Banyak orang percaya pepatah “tidak ada penderitaan, tidak ada hasil yang memuaskan”. Melansir All Women’s Talk, Rabu, 24 Januari, hal ini sangat jauh dari kebenaran. Anda tidak perlu menyiksa diri untuk terlihat luar biasa dengan memakai sepatu hak tinggi. Merawat kaki Anda dengan baik akan sangat bermanfaat. Manjakan kaki Anda dengan pijatan sesekali atau rendam kaki Anda dalam rendaman garam laut setelah seharian bekerja keras.

Di atas merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memakai sepatu hak tinggi. Selain hal di atas, pertimbangkan pula aktivitas Anda. Jika Anda bertugas seharian, penting membawa sandal ganti yang dipakai saat-saat istirahat.