7 Penyebab Mata Kedutan Berdasarkan Penjelasan Medis
Ilustrasi mata kedutan (Pexels/Kush Kaushik)

Bagikan:

JAKARTA – Kelopak mata kedutan tidak jarang dimaknai sebagai penanda abstrak, misalnya, ada yang rindu, akan dapat rejeki, maupun akan kehilangan. Tetapi, berpijak dari penjelasan medis mata kedutan merupakan tanda atau gejala mengalami suatu hal pada tubuh.

Baik berkaitan dengan kesehatan fisik maupun kesehatan mental yang sedang tidak dalam kondisi stabil. Nah, berhubung banyak sekali kesalahan pemahaman, maka berikut penjelasan singkat yang bisa jadi referensi dalam mencari solusi atas problem pada kesehatan.

Mata kering

Dilansir dari Kompas, Selasa, 27 April, seiring bertambahnya usia produksi air mata semakin menurun sehingga mengakibatkan mata kering. Mata kering juga jadi salah satu penyebab mata kedutan.

Disamping produksi air mata menurun, keseringan melihan layar gawai, memakai lensa kontak, dan mengonsumsi obat tertentu juga memengaruhi kelembapan mata. Apabila mata kering dan terasa kedutan, cobalah untuk konsultasi ke dokter spesialis mata agar mendapat resep obat tetes yang pas.

Kelelahan

Terlalu lelah dan kurang waktu istirahat dapat menyebabkan kedutan. Untuk mengatasinya kedutan yang disebabkan kelelahan, Anda hanya butuh istirahat dan mendapatkan tidur cukup serta berkualitas.

Kebanyakan kafein

Baiknya, berdasarkan rekomendasi medis minum kopi tidak lebih dari tiga cangkir. Tak hanya kopi yang mengandung kafein, minuman maupun makanan seperti teh, cokelat, serta minuman penambah energi.

Otot mata terlalu tegang

Menatap layar untuk membaca, menonton televisi maupun bekerja bisa membuat otot mata terlalu tegang. Apalagi dilakukan dalam waktu yang lama.

Cara mengatasi kedutan yang disebabkan hal ini ialah dengan mengalihkan pandangan mata setiap 20 menit. Arahkan pandangan ke objek yang jauh kemudian dapat kembali menatap layar.

Stres

Stres juga bisa jadi penyebab mata kedutan. Mata berkedut, mungkin tidak menimbulkan rasa sakit namun akan terasa tidak nyaman.

Nah, apabila belakangan merasa sedang banyak tekanan hingga stres maka atasi dengan cara-cara sederhana yang membuat lebih rileks misalnya dengan latihan pernapasan, yoga, dan bersantai sejenak.

Alergi

Alergi tidak hanya muncul gejala mata kedutan saja. Gejala lain yang dialami antara lain terasa gatal, bengkak, dan berair. Apabila mata kedutan yang disebabkan alergi, direkomendasikan untuk konsultasi pada dokter.

Mengalami cedera di kepala

Apabila pernah mengalami cedera di kepala, bukan tidak mungkin menyebabkan kedutan pada mata. Penyebab lainnya dari kondisi kedutan antara lain stroke, parkinson, peradangan otak, gangguan kesehatan mental, multiple sclerosis, sindrom meige, dan bell palsy.

Meski tidak mengganggu, tetapi bila kedutan mata terjadi terus menerus maka ambil langkah bijak untuk periksa ke dokter.