Bagikan:

JAKARTA - Mencukur bulu wajah mungkin masih cukup tabu bagi perempuan. Namun, mencukur bulu pada wajah ternyata memberikan banyak manfaat bagi perempuan jika melakukannya dengan benar.

Mencukur wajah dapat memberikan kulit yang lebih halus dan bercahaya. Makeup yang digunakan pada wajah yang sudah dicukur akan menempel dengan sangat baik.

Mengutip dari Pinkvilla, mencukur bulu wajah secara teratur dapat mengurangi munculnya garis halus di wajah dan meningkatkan pergantian sel. Hal ini juga akan membuat skincare yang digunakan setiap harinya terserap dengan lebih baik.

Namun, saat mencukur bulu wajah penting untuk menggunakan alat dan teknik yang tepat. Ini harus dilakukan demi menghindari iritasi atau efek samping yang tidak diinginkan pada wajah.

1. Gunakan alat cukur khusus wajah

Pilihlah alat cukur dengan pisau tajam yang dirancang khusus untuk wajah. Alat cukur ini membantu menghilangkan rambut vellus halus dan lapisan sel kulit mati pada wajah dengan baik.

2. Persiapkan kulit wajah dengan baik

Persiapan kulit wajah sebelum dicukur sangat penting. Bersihkan dahulu wajah Anda dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran dan minyak, untuk mencegah pori-pori tersumbat.

Untuk kelembutan ekstra, Anda dapat mengoleskan handuk hangat dan lembap ke wajah selama beberapa menit sebelum bercukur. Ini melembutkan bulu wajah dan membuka pori-pori sehingga membuat proses mencukur lebih lancar.

Mengoleskan krim atau gel cukur juga akan menciptakan lapisan pelindung antara kulit dan pisau cukur. Ini akan mengurangi gesekan dan meminimalkan risiko iritasi akibat pisau cukur.

3. Hindari area wajah yang berjerawat

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan berjerawat, pastikan untuk menghindari area wajah yang memiliki jerawat aktif saat mencukur. Ini dilakukan untuk sehingga mencegah kerusakan pada kulit wajah.