Bagikan:

YOGYAKARTA – Mencukur brewok dengan sembarangan dapat memperbesar potensi luka di permukaan kulit karena pisau cukur. Biasa mencukur brewok bisa dilakukan di barbershop. Namun, Anda bisa melakukannya sendiri asal memperhatikan beberapa hal. Untuk menghindari luka karena cukur, alangkah baiknya Anda mempelajari bagaimana mencukur brewok yang aman.

Mencukur Brewok yang Aman

Mencukur brewok memang sedikit tricky. Pasalnya, area wajah di mana brewok tumbuh memiliki permukaan yang tidak rata, dari mulai rahang, dagu, dan leher bagian atas. Oleh karenanya jika mencukur brewok tidak dilakukan dengan hati-hati maka berpotensi terluka akibat pisau cukur. Untuk melakukannya, ikuti tips berikut ini.

  1. Bercukur Pagi Hari

Disarankan untuk mencukur brewok pada saat pagi hari. Di waktu tersebut, wajah masih fresh dan belum banyak kotoran menempel di wajah. Anda bisa mulai mencukur brewok sebelum mandi.

  1. Siapkan Piranti Bercukur Berkualitas Baik

Sebelum mencukur brewok sendiri di rumah, Anda disarankan untuk mempersiapkan peralatan cukur dengan kualitas terbaik. Alat cukur yang dibutuhkan mulai dari pisau cukur, cermin, krim cukur, dan sebagainya. Hindari pisau cukur yang kurang tajam dan berkarat. Pilih pisau cukur yang tipis dan elastis agar lebih mudah mengikuti kontur wajah. Pilih juga krim cukur yang baik. Usahakan memilih krim cukur berbahan licin dan tidak memicu iritasi di kulit.

  1. Bilas Wajah dengan Air Hangat Kuku

Disarankan untuk membasuh wajah dengan air hangat kuku. Hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori wajah sehingga kotoran bisa dengan mudah terangkat. Selain itu rambut brewok juga lebih mudah diatur.

  1. Lakukan Scrubbing

Scrubbing dilakukan dengan melumurkan minyak ke area wajah yang ditumbuhi rambut. Efeknya adalah melembutkan rambut agar lebih mudah dicukur. Seain itu dapay melindungi kulit dari potensi iritasi.

  1. Lakukan Pencukuran di Tempat Terang Depan Cermin

Usahakan untuk mencukur brewok di tempat yang terang dengan menghadap cermin. Posisi tersebut akan memudahkan Anda melihat bagian mana saja yang perlu dicukur. Anda disarankan mencukur brewok dengan cara berdiri. Hindari posisi lain seperti jongkok atau tiduran.

Itulah informasi tentang mencukur brewok yang aman. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.