Tips Mudah Menghilangkan Segala Jenis Noda pada Baju
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Noda pada baju memang membandel, tapi tak menutup kemungkinan bisa dihilangkan dengan mudah. Bahkan noda yang sangat sulit sekalipun seperti tumpahan wine atau tinta juga dapat dihilangkan dari sebagian besar kain.

Kunci agar noda bisa hilang yaitu lakukan tindakan sesegera mungkin. Teknik blotting atau mengeringkan dengan kertas hisap biasanya lebih baik dibandingkan menggosok. Blotting membantu menghilangkan noda dari kain, sementara menggosok mendorong noda lebih dalam dan dapat merusak serat. 

Namun, apa pun metode penghilangan noda yang Anda pilih, luangkan waktu melakukan tes pada bagian pakaian yang tersembunyi (misalnya, bagian bawah pakaian) sebelum melanjutkan. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah metode pembersihan akan merusak kain.

Menghilangkan noda pada kain yang bisa dicuci, seperti akrilik, kain goni, katun, denim, linen, nilon, poliester, dan spandeks, cukup mudah. Sedangkan bahan seperti asetat, kaca serat, rayon, sutra, triasetat, dan wol sedikit rumit, tetapi noda masih bisa dihilangkan dengan beberapa trik. Ikuti panduan di bawah ini untuk mempelajari cara menghilangkan noda, bahkan yang berat sekalipun dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis, 20 Juli.

Cara Menghilangkan Noda Darah

Cara merawat bahan yang bisa dicuci dengan mesin: Untuk noda baru, rendam dalam air dingin, lalu cuci. Untuk noda kering, bersihkan terlebih dahulu atau rendam dalam air hangat dengan produk yang mengandung enzim, lalu cuci. Enzim sering direkomendasikan untuk noda berbasis protein, seperti darah. 

Cara merawat bahan yang tidak bisa dicuci: Siram noda dengan air dingin. Oleskan cuka putih encer ke noda dengan pipet. Bilas noda dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Noda Cokelat

Cara merawat bahan yang dapat dicuci dengan mesin: Basahkan kain terlebih dahulu dengan air hangat dan produk yang mengandung enzim. Atau gunakan produk penghilang noda sebelum dicuci. Jika noda tetap ada, cuci ulang item tersebut dengan pemutih yang aman untuk kain.

Cara merawat benda yang tidak bisa dicuci: Oleskan cuka putih encer ke noda dengan pipet. Siram area yang terkena noda dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Noda Kosmetik

Cara merawat pakaian yang dapat dicuci dengan mesin: Sapukan bedak dari pakaian sebanyak mungkin. Langkah awal hilangkan dengan penghilang noda atau deterjen cair. Cuci menggunakan air terpanas yang aman untuk kain.

Cara merawat pakaian yang tidak dapat dicuci: Sapukan bedak dari pakaian sebanyak mungkin, lalu bawa ke binatu profesional.

Cara Menghilangkan Noda Minyak

Cara merawat benda yang bisa dicuci dengan mesin: Usapkan sabun cuci piring cair ke noda dengan kain bersih. Anda juga bisa menggunakan penghilang noda sebelum mencuci dengan air panas. Cara ini juga berfungsi untuk menghilangkan noda minyak dari jeans.

Cara merawat bahan yang tidak dapat dicuci: Bawa ke binatu profesional.

Cara Menghilangkan Noda Tinta

Cara merawat bahan yang bisa dicuci dengan mesin: Rawat dulu dengan penghilang noda dan cuci seperti biasa. Jika noda tetap ada, letakkan tisu di atas noda. Gosok area di sekitar noda dengan alkohol yang diubah sifatnya sebelum mengoleskan pelarut ke noda. Sering-seringlah mengganti handuk kertas saat sudah basah. Bilas dengan baik dan cuci.

Sebagai metode alternatif, kerjakan pada bagian dalam pakaian dengan letakkan kain bernoda di atas mulut stoples atau gelas. Pegang kain dengan kencang agar noda tinta tidak menyebar. Teteskan alkohol pada kain bernoda. Saat pelarut meninggalkan kain, tinta akan jatuh ke dalam wadah. Bilas dan cuci hingga bersih. 

Cara merawat bahan yang tidak dapat dicuci: Buat larutan 1 bagian gliserin, 1 bagian deterjen pencuci piring bening, 8 bagian air, dan beberapa tetes cuka putih. Larutkan larutan yang sudah dibuat ke noda. Diamkan 30 menit, tambahkan lebih banyak larutan agar noda tetap lembab lalu bilas hingga bersih.

Cara Menghilangkan Noda Jamur

Cara merawat bahan yang bisa dicuci dengan mesin: Kikis sebanyak mungkin jamur dari permukaan dengan menyikat lembut menggunakan sikat gigi bersih. Untuk benda berwarna putih, campurkan 1 bagian pemutih dengan 3 bagian air dan oleskan larutan pada noda.

Biarkan selama beberapa menit, lalu cuci dengan suhu air terpanas yang direkomendasikan untuk bahan tersebut. Untuk mengatasi noda jamur pada pakaian berwarna, semprotkan cuka putih langsung ke noda atau tutupi dengan kain bersih yang dibasahi cuka, biarkan meresap selama beberapa menit.

Jika memungkinkan, biarkan kain mengering di bawah sinar matahari langsung, yang juga dapat membantu membunuh spora jamur. Ulangi proses ini sesuai kebutuhan, lalu cuci seperti biasa. Jika noda tetap ada, bawa kain tersebut ke binatu profesional.

Cara merawat barang yang tidak bisa dicuci: Bawa ke binatu profesional.

Cara Menghilangkan Noda Anggur 

Cara merawat bahan yang bisa dicuci dengan mesin: Tutupi noda dengan garam dan regangkan kain di atas mangkuk. Tuangkan air mendidih ke atas noda. Jika noda tetap ada, oleskan cuka putih encer dengan pipet. Bilas dengan air dingin dan cuci.

Cara merawat benda yang tidak bisa dicuci: Oleskan cuka putih encer ke noda dengan pipet. Siram tempat bagian yang terkena noda dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Noda Kunyit

Cara merawat bahan yang bisa dicuci dengan mesin: Rendam item dalam larutan air dingin dan deterjen selama 20 menit. Jika kainnya aman untuk pemutih, rendam dalam larutan pemutih yang diencerkan. Cuci segera dengan air dingin dan gunakan detergen biasa. Jika memungkinkan, jemur di bawah sinar matahari untuk membantu memudarkan kunyit, lalu cuci lagi.

Cara merawat benda yang tidak bisa dicuci: Siram noda dengan air dingin. Jika noda tetap ada, bawa pakaian ke binatu profesional.