Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil, Gunakan 5 Bahan Rumahan Ini
Ilustrasi kaca mobil berjamur (Foto: Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara menghilangkan jamur di kaca mobil ternyata sangat mudah. Anda bisa menggunakan bahan yang ada di rumah untuk menghapus noda jamur pada kaca mobil, seperti cairan pembersih kaca, alkohol, hingga pasta gigi.

Kaca mobil berjamur bisa mengganggu visibilitas saat berkendara. Noda jamur pada mobil disebabkan oleh udara lembap di permukaan kaca.

Saat permukaan kaca lembab, maka jamur akan muncul dan mudah berkoloni dalam beberapa hari dan membuat kaca mobil menjadi jamuran.

Nah, udara lembab bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari memarkir mobil di lingkungan atau parkiran yang lembab hingga kurang mendapat sinar matahari.

Selain itu, Munculnya jamur pada kaca mobil juga dapat disebabkan oleh air hujan yang dibiarkan mengering dengan sendirinya. Bila mobil yang kehujanan tidak langsung dibersihkan, akan muncul bekas seperti kerak yang menempel.

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

Telah disinggung di atas bahwa membersihkan jamur di kaca mobil dapat dilakukan dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 11 November 2023, berikut beragam cara menghilangkan jamur di kaca mobil dengan bahan yang ada di rumah:

  1. Menghilangkan jamur dengan cairan pembersih kaca

Cara menghilangkan jamur di kaca mobil dengan cairan pembersih kaca sangat mudah. Anda tinggal menyemprotkan cairan ke kaca mobil, lalu mengelapnya dengan kain microfiber.

Umumnya, cairan pembersih kaca bisa mengatasi berbagai masalah pada kaca, termasuk jamur. Anda juga dapat memanfaatkan cairan pembersih kaca khusus mobil jika memilikinya. Produk pembersih kaca ini sangat mudah ditemukan di pasaran.

  1. Menghilangkan jamur di kaca mobil dengan cairan pemutih baju

Bahan kimia yang terdapat pada cairan pemutih baju ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghapus noda jamur pada kaca mobil.

Cara menghilangkan jamur di kaca mobil dengan cairan pemutih baju yakni, larutkan sedikit cairan pemutih baju dengan air. Kemudian, semprot atau teteskan ke kaca mobil.

Selanjutnya, gosok perlahan, bilas dengan air, dan lap dengan kain microfiber supaya jamur di kaca mobil hilang sempurna.

  1. Menghilangkan jamur di kaca mobil dengan baking soda

Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan jamur serta mengurangi tingkat kelembapan di kaca mobil.

Cara menghapus noda jamur di kaca mobil dengan baking soda, yakni campur baking soda ke air. Lalu semprotkan larutan ke kaca, gosok perlahan dengan kain bersih kering sampai jamur terangkat.

  1. Menghilangkan jamur di kaca mobil dengan alkohol

 Alkohol 70 persen bisa digunakan untuk menghapus noda jamur pada kaca mobil. Caranya, celupkan kapas atau kain lembut ke alcohol, lalu gosokkan ke kaca mobil yang berjamur secara perlahan hingga terangkat. Ulangi Langkah ini sampai noda jamur di kaca mobil benar-benar hilang.

  1. Menghilangkan jamur di kaca mobil dengan pasta gigi

Pasta gigi bisa digunakan untuk menghapus noda jamur di kaca mobil karena mengandung hidrogen peroksida.

Untuk menghilangkan noda jamur, Anda cukup mengoleskan pasta gigi ke area kaca mobil yang berjamur. Berikutnya, diamkan selama beberapa beberapa menit. Bila sudah mengering, bilas dengan air bersih dan usap dengan kain microfiber agar jamur terangkat dan kaca kering sempurna.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan jamur di kaca mobil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.