5 Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Bahan Dapur, Mudah Diaplikasikan!
Ilustrasi menjemur baju yang memiliki noda jamur (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara menghilangkan jamur pada pakaian bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah seperti garam, lemon, baking soda dan lain sebagainya.

Jamur yang menempel di pakaian perlu dihilangkan karena bisa berdampak terhadap kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat terpapar noda jamur di pakaian antara lain:

  • Hidung tersumbat
  • Bersin-bersin
  • Mata berair
  • Gatal pada kulit atau ruam

Orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kesehatan terkait jamur termasuk bayi, anak-anak, wanita hamil, pasien dengan gangguan kekebalan, orang tua dan mereka yang memiliki kondisi pernapasan

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jamur dengan bahan-bahan yang ada dirumah? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian  dengan Bahan Dapur

Dikutip VOI dari laman How Stuff Works,  berikut cara menghilangkan noda jamur dengan bahan dapur, seperti lemon, cuka, boraks dan lain sebagainya.

Langkah-langkah menghilangkan jamur dengan bahan dapur yakni:

  1. Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Garam dan Lemon

Mungkin cara termudah untuk menghilangkan noda jamur adalah dengan menggunakan apa yang tersedia di dapur Anda sendiri yakni garam dan lemon.

Campurkan jus lemon dan garam untuk membuat pasta kental dan gosokkan ke area yang dipenuhi jamur pada pakaian.

Berikutnya, jemur pakaian yang sudah dibersihkan di bawah sinar matahari langsung. Apabila noda jamur masih ada, ulangi langkah tersebut sampai jamur hilang.

  1. Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Air Cuka

Air dan cuka adalah cara sederhana lainnya untuk membersihkan pakaian dari jamur. Gunakan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama, dan rendam larutan pada area yang kotor untuk menghilangkan noda ringan. Untuk noda yang lebih keras, cobalah cuka berkekuatan penuh sebagai gantinya.

  1. Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Boraks

Boraks terdiri dari boron, natrium, oksigen, dan air. Boraks adalah mineral alami yang terkadang digunakan untuk melawan jamur.

Cara membersihkan noda jamur di pakaian dengan boraks, yaitu campurkan dua liter air dengan dua cangkir boraks, dan gosokkan larutan tersebut ke bagian pakaian yang berjamur.

Ilustrasi pakaian berjamur
Ilustrasi pakaian berjamur (Skitter Photo/Pexels)

Kemudian rendam pakaian dalam larutan sampai noda hilang -- proses yang mungkin memakan waktu beberapa jam. Setelah noda dihilangkan, bilas pakaian secara menyeluruh dan segera keringkan.

  1. Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Pemutih

Pemutih juga dapat menghilangkan noda jamur, tetapi berhati-hatilah untuk menggunakannya. Pasalnya, bahan kimia pemutih yang keras dapat merusak pakaian.

Untuk kain yang bisa dicuci, pertama-tama gosokkan sedikit deterjen bubuk pada noda jamur. Jika label mengizinkan, cuci pakaian dengan air panas dan tambahkan setengah cangkir pemutih klorin.

Jika label pakaian tidak mengizinkan penggunaan pemutih dan air panas, rendam pakaian dalam seperempat cangkir pemutih. Noda jamur akan hilang setelah setengah jam atau lebih.

  1. Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Baking Soda

Baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda jamur pada pakaian. Caranya sangat mudah, cukup oleskan oleskan baking soda yang telah dicampur dengan air pada bagian pakaian yang muncul bintik hitam. Diamkan selama 15 menit, lalu gosok dengan sikat gigi bekas. Jika sudah, tinggal bilas pakaian dengan air bersih deh!

Demikian informasi seputar cara menghilangkan jamur pada pakaian. Semoga bermanfaat!