Manfaat dan Efek Samping Lemon untuk Kecantikan
Gambar Lemon (Karolina Grabwoska-Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Lemon dikenal baik dengan efek detosifikasinya karena kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Manfaat ini bisa Anda dapatkan jika menambahkan beberapa potongan lemon ke dalam air minum. 

Terkenal  di dunia kesehatan, kini lemon pun cukup populer di ranah kecantikan sebagai perawatan alami masalah kulit jerawat hingga bintik hitam akibat penuaan.

Mengutip informasi dari laman Healthline, lemon tidak hanya menjadi sumber manfaat, tapi juga bisa menyebabkan efek samping jika digunakan di kulit.

Berikut VOI rangkumkan beberapa manfaat sekaligus efek samping lemon untuk kecantikan kulit:

Pengobatan jerawat

Berdasarkan tingkat keasamannya, air lemon mengandung astringent berkualitas baik. Bahan dengan tingkat pH tinggi seperti lemon dapat membantu mengurangi inflamasi dan minyak yang menyebabkan jerawat. 

Selain itu, asam sitrat, sejenis asam alfa hidroksi (AHA) juga dapat membantu memecah kulit mati yang menyebabkan jerawat noninflamasi seperti komedo.

Efek antimikroba

Lemon memiliki manfaat sebagai antimikroba yang dapat menjinakkan bakteri Propionibacterium Acnes yang menyebabkan peradangan jerawat. Ada juga efek anti jamur yang membantu mengobati ruam candida serta jamur kulit kepala.

Pencerah kulit

Kandungan asam yang dimiliki lemon memiliki manfaat untuk mencerahkan bekas jerawat dan flek hitam akibat penuaan dini. 

Pengobatan ketombe dan psoriasis

Karena dipercaya bisa menghilangkan sel kulit mati, lemon juga diyakini dapat mengurangi ruam kulit yang disebabkan oleh psoriasis dan ketombe.

Meningkatkan kolagen

Manfaat lain lemon untuk kecantikan yaitu meningkatkan kolagen pada wajah. Sebagai antioksidan, vitamin C juga mampu mencegah radikal bebas yang merusak kolagen, menjadikan kulit Anda lebih halus.

Kolagen sendiri adalah protein yang merawat kulit dari efek penuaan seperti garis halus dan kerutan. 

Selain bermanfaat, lemon pun memiliki efek samping saat digunakan. Hal ini menjadikan pilihan DIY (Do It Yourself) perawatan kulit di rumah jadi lebih berisiko. Risiko ini akan lebih besar jika Anda memiliki kulit sensitif. Untuk itu, kenali juga efek samping penggunaan lemon untuk kecantikan.

Iritasi kulit

Iritasi kulit merupakan efek samping yang paling sering terjadi akibat penggunaan lemon. Anda mungkin akan mengalami perubahan kulit seperti kulit kering, kemerahan, dan terkelupas. Bagi pemilik kulit kering, efek ini bisa jadi lebih buruk.

Untuk itu, penggunaan lemon sebagai perawatan kecantikan kurang cocok bagi pemilik kulit kering.

Phytophotodermatitis

Phytophotodermatitis adalah reaksi alergi kulit yang disebabkan oleh buah-buahan sitrus, tanaman peterseli, seledri, dan wortel.

Ketika Anda memiliki sisa asam lemon pada kulit dan kemudian terkena sinar UV setelahnya, maka reaksi peradangan dapat terjadi.

Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kemerahan, bengkak, dan melepuh.

Leukoderma

Leukoderma atau vitiligo merupakan kelainan kulit yang terjadi karena kehilangan zat melanin. Beberapa orang yang menggunakan lemon untuk mencerahkan bintik hitam, tidak menyadari jika ancaman leukoderma pun sedang mengintai.

Sunburn

Penggunaan lemon sebelum keluar rumah sangat tidak disarankan sebab dapat menyebabkan sunburn

Jika Anda ingin mulai menggunakan lemon sebagai perawatan wajah, sebaiknya coba aplikasikan sehari sekali di waktu siang. Segera hentikan penggunaan jika muncul tanda-tanda alergi pada kulit.