Anti Ribet, Begini Cara Membuat Masker Dari Teh Hijau untuk Wajah Beruntusan
Green Tea Powder (Magic Mind-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Green tea atau teh hijau sangat populer dijadikan bahan untuk minuman atau campuran bahan makanan. Padahal, bubuk teh hijau ini punya khasiat lebih selain dijadikan olahan panganan. Ya, teh hijau juga dapat digunakan sebagai bahan untuk masker wajah.

Dikatakan demikian sebab teh hijau mengandung bermacam senyawa seperti antioksidan, asam amino, vitamin B, asam folat, magnesium, senyawa aktif katekin, dan potassium yang sangat baik untuk menenangkan kulit.

Beberapa masalah kulit wajah umum seperti jerawatan, beruntusan, hingga penuaan dini bisa diatasi dengan masker teh hijau.

Jika Anda sedang jenuh menggunakan produk berbahan kimia untuk skincare wajah, coba saja sesekali rawat dia pakai bahan alami menggunakan masker teh hijau. Kamu bisa membuat masker teh hijau untuk beruntusan ini di rumah. Tanpa ribet dan juga jadi lebih berhemat, tentunya.

Ini dia bahan dan cara membuat masker teh hijau untuk beruntusan:

Bahan yang disiapkan

·    Bubuk teh hijau

·    Plain yogurt, susu putih, atau air

·    Madu

·    Kuning telur

Cara membuat

1.   Campurkan satu sendok makan bubuk green tea, ½ sendok makan madu, kuning telur, dan air secukupnya. Usahakan agar tidak terlalu encer.

2.   Setelah itu, balurkan ke seluruh wajah yang sudah dicuci bersih hingga rata dan diamkan sekitar 10 hingga 15 menit sampai masker agak sedikit kering. Anda bisa balur masker tipis-tipis atau tebal, tergantung selera.

3.   Kemudian, gosok-gosok wajah agar kulit mati ikut terangkat bersama dengan masker. Lakukan gerakan memutar sambil memijat wajah untuk melancarkan peredaran darah dan kulit mati dapat terangkat sempurna. Jangan lupa, hindari menggosok terlalu kencang pada area wajah yang sedang berjerawat. Sebab hal ini bisa menimbulkan iritasi kulit.

4.   Tahapan terakhir, bilas wajahmu dengan air dingin. Sensasi kulit segar dan halus bisa langsung kamu rasakan setelah wajah dibilas.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan toner wajah sehabis memakai masker teh hijau untuk bruntusan untuk mengembalikan pH kulit. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa gunakan masker dua kali seminggu. Rutin menggunakan masker teh hijau untuk bruntusan dalam ritual skincare mingguan, bisa mencerahkan wajah dan mengurangi timbulnya masalah kulit.

Perhatian, jika kulit menunjukkan reaksi kemerahan, gatal-gatal, atau justru timbul jerawat setelah memakai masker, segera hentikan perawatan menggunakan bubuk teh hijau. Sebab, respons kulit wajah tiap orang bisa saja berbeda, tergantung tingkat kesensitifan kulit pada senyawa-senyawa yang terkandung dalam bahan alami sekali pun.