Skinimalism, Tren Kecantikan Anti Ribet Diperkirakan Populer Tahun 2021
Ilustrasi (Anastasia Gepp - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Berbagai produk perawatan wajah terbaru memang selalu menggoda. Dari mulai serum, face oil, masker, krim, gel, dan toner dengan berbagai fungsi selalu menarik perhatian. 

Ditambah lagi dengan tren macam “10-Step Korean skin care routine” yang membuat rutinitas merawat wajah makin panjang dan butuh lebih banyak produk. 

Dari waktu ke waktu, produsen perawatan wajah pun terus meluncurkan produk terbaru. Kebanyakan punya klaim memperbaiki kondisi kulit hingga mencapai kondisi prima, mulus tanpa noda, bersinar, tampak cerah, dan awet muda. 

Kondisi ini pada akhirnya membuat para wanita menjadi impulsif. Tanpa sadar, mereka belanja berlebihan sampai semua menumpuk di meja rias. 

Melissa Kanchanapoomi Levin, M.D., dokter kulit bersertifikat dan pendiri Entière Dermatology, berpendapat bahwa punya produk perawatan wajah sedikit akan lebih baik. 

“Faktanya, berlebihan dengan riasan berlapis atau melapisi terlalu banyak produk perawatan kulit dapat memperburuk masalah kulit yang ada atau menciptakan masalah baru,” jelas Melissa. 

Kini waktunya untuk mengistirahatkan kulit dan ini jadi dasar mengapa skinimalism akan mengetren tahun 2021. 

BACA JUGA:


Apa itu skinimalism

Sederhananya, skinimalism bisa diartikan dengan rutinitas kecantikan versi minimalis. Tanpa perlu banyak produk dan tahapan perawatan, ini waktunya membuat kulit sehat dan bersinar secara alami. 

Lebih dalam lagi, skinimalism akan menghemat waktu, uang, dan ramah lingkungan sebab Anda akan mengurangi limbah kemasan. 

Khawatir dengan masalah kulit seperti jerawat, noda, bintik hitam, kerutan, kusam, dan pori-pori besar? 

Dengan mempraktikkan konsep skinimalism, artinya Anda harus rela membuang jauh-jauh gagasan tentang kecantikan sempurna dengan menutupi kekurangan. 

Skinimalism akan mendorong setiap orang untuk merasa cantik apa adanya. Ubahlah fokus Anda untuk tidak selalu menyembunyikan ketidaksempurnaan. Melainkan memberikan perawatan yang bermanfaat bagi kulit. 

"Begitu banyak orang  telah menghabiskan banyak uang untuk produk, mencoba begitu banyak tren perawatan kulit yang berbeda, lalu benar-benar frustrasi dan merasa putus asa dengan hasilnya," kata Melissa. 

Untuk menjalankan skinimalisme, Anda sebenarnya hanya perlu punya tiga produk dasar.

Pertama, face cleanser untuk membersihkan kulit dari kotoran. Kedua, moisturizer agar kulit tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Ketiga adalah sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

Bila dibutuhkan, bisa tambahkan produk lain yang bisa memaksimalkan kondisi kulit. Misalnya serum anti-aging atau obat totol jerawat.