<i>Face Toner</i> dan <i>Face Mist</i>, Apa Bedanya?
Face Toner (Jess Harper Sunday-Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia kecantikan selalu saja berinovasi dengan beragam produk kecantikan baru yang terkadang membuat para pencinta skincare bingung. Sebab, beberapa di antaranya mengeluarkan produk yang bentuk serta kegunaanya hampir sama. Seperti, face mist dan face toner.

Walaupun memiliki tekstur serupa, dua produk ini sesungguhnya memiliki manfaat yang berbeda untuk kulit. 

Face toner digunakan sebagai langkah kedua setelah mencuci wajah. Toner sendiri memiliki beragam kandungan yang disesuaikan dengan jenis kulit maupun permasalahannya.

Mulai dari yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi kulit (pH) setelah proses pencucian wajah, mengangkat sel kulit mati, memberi hidrasi pada kulit, hingga mempersiapkan kulit untuk langkah selanjutnya, sehingga produk akan terserap dengan baik. 

Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Cukup tuang cairan toner beberapa tetes di kapas lalu usap ke seluruh wajah dan leher bila perlu. Tunggu hingga cairan toner benar-benar meresap sempurna di wajah, kemudian lanjutkan dengan mengaplikasikan produk selanjutnya.

Sedangkan face mist, berfungsi untuk menyegarkan kulit, memberikan kesan glowing, menenangkan kulit, mengembalikan kekenyalan pada kulit wajah yang kering dan lelah, serta menjadikan make up lebih tahan lama jika Anda menyemprotkannya setelah memakai make up. 

Kandungan antioksidan dan mineral yang terdapat dalam face mist mampu menutrisi dan menyehatkan kulit secara menyeluruh. Intinya, face mist membantu melengkapi rangkaian skincare yang Anda gunakan.

Tidak seperti face toner yang pemakaiannya harus disesuaikan dengan jenis kulit, face mist memiliki kandungan cairan yang konsentrasinya lebih ringan sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Bahkan beberapa brand ada yang mengklaim produk face mist mereka aman digunakan ibu hamil. 

Cara penggunaan face mist agak sedikit berbeda dengan toner. Jika toner digunakan dengan cara diusap ke seluruh wajah menggunakan kapas, face mist digunakan dengan cara disemprot pada area wajah dan leher, kemudian ditepuk perlahan dan diamkan beberapa menit hingga cairannya meresap sempurna pada kulit wajah. 

Selain itu, jika dilihat dari rangkaian penggunaannya face mist digunakan setelah mengaplikasikan toner. Tapi bisa juga sesudah menggunakan semua rangkaian skincare.

Memilih menggunakan salah satu di antara kedua produk skincare wajah di atas sebenarnya tidak masalah. Namun jika ingin memiliki tampilan wajah yang lebih glowing, Anda bisa memasukkan face toner dan face mist secara bersamaan ke dalam rutinitas skincare harian Anda.