Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Cuci Tangan dan Pakai <i>Hand Sanitizer</i>
Ilustrasi memakai hand sanitizer (Pexels/Anna Svets)

Bagikan:

JAKARTA – Mencuci tangan dan memakai hand sanitizer wajib dibiasakan. Tak sedikit yang merasakan efeknya, yaitu kulit tangan kering dan mengelupas. Tips untuk mengatasinya, sebagai berikut.

Pilihan sabun memang menentukan kondisi kulit. Sebab wajib untuk mencuci tangan serta memakai hand sanitizer, artinya kebiasaan lainnya bisa disesuaikan. Pertama, pilih sabun antibakteri yang dapat teruji secara klinis. Selain itu, pilih juga sabun yang mengandung pelembap.

Sabun cuci tangan ada berbagai pilihan. Untuk yang mengandung pelembap, cobalah amati komposisinya. Tidak sedikit juga sabun cuci tangan yang mengandung zat pelembap seperti gliserin atau gliserol. Dua komposisi tersebut bisa mengurangi kulit kering pada tangan.

Agar mengurangi risiko kulit tangan kering, baiknya memakai sabun cair atau sabun batangan? Sabun batangan pada umumnya memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Seringkali ini menjadi penyebab kulit tangan kering karena sering mencuci tangan dengan sabun batangan.

Namun, tak masalah jika tidak memungkinkan memakai sabun cuci tangan cair yang mengandung pelembap. Ada cara lain untuk menjaga kulit tetap lembap. Misalnya, dengan memakai hand lotion setelah cuci tangan yang tentu saja diformulasikan dari bahan-bahan melembabkan kulit.

Cara mencuci tangan juga berpengaruh pada pengelupasan kulit. Paling efektif untuk membunuh bakteri adalah dengan cuci tangan di bawah air mengalir serta melakukannya secara tepat. Seperti selama 20 detik, bersihkan tangan pelan-pelan.

Gosok bagian telapak tangan serta sela-sela jari dengan lembut serta tidak agresif. Sambil mencuci tangan, kamu bisa sambil bernyanyi. Setelahnya, keringkan tangan secara menyeluruh dengan kain lembut. Mengeringkan tangan setelah mencucinya menjadi salah satu cara untuk menurunkan risiko kulit kering dan mengelupas.

Kelembapan alami yang dihasilkan kulit tangan bisa menguap karena air. Artinya, segera keringkan setelah mencuci tangan di air suhu ruangan. Plus, paling aman, pakai air suhu ruangan meski mencuci tangan dengan air hangat terasa nyaman. Namun jika dilakukan terlalu sering justru membuat kulit tangan kering.

Terakhir, cara ini bisa melembapkan kulit tangan meski sering memakai hand sanitizer. Pun dengan mencuci tangan setiap masuk dan keluar ruangan. Caranya adalah dengan memakai krim pelembap yang mengandung zat oklusif, humektan dan omelin misalnya asam stearat, asam laktat, natrium pirolidin dan siklometikon.

Bagi yang memiliki masalah kulit seperti eksim dan psoriasis, direkomendasikan untuk konsultasi pada dokter kulit tentang zat-zat aman apa saja yang dapat melembapkan kulit ketika wajib rutin mencuci tangan dan mengenakan hand sanitizer.