Tips Menggunakan Masker yang Baik dan Benar
Tips Memakai Masker

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 berjalan lebih dari satu tahun sehingga protokol kesehatan bukan lagi menjadi kewajiban namun kebiasaan baru. 3M: mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan sudah jadi gaya hidup masyarakat. 

Pemerintah kembali menggalakkan protokol kesehatan gerakan 3M seiring dengan kembalinya pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Selain menjaga jarak secara fisik, mengenakan masker adalah salah satu wujud kepedulian Anda terhadap kesehatan komunitas lingkungan Anda. 

Berikut beberapa tips sederhana menggunakan masker yang tepat:

1. Mulai dengan memilih masker wajah dengan kualitas baik. Masker yang baik memiliki lapisan filter dalam yang nyaman, dan klip hidung yang dapat ditekuk agar dapat membentuk masker ke wajah lebih mudah. 

2. Pastikan masker yang digunakan bersih. Baik masker kain yang dapat digunakan berulang kali maupun masker kesehatan sekali pakai,

penting untuk memeriksa kebersihan dan kondisinya sebelum memakai, jika rusak maka lebih baik gunakan yang baru. Untuk masker kain pun lebih baik mengenakan masker yang baru dicuci atau belum pernah dipakai sebelumnya.

3. Cuci tangan Anda sebelum mengenakan masker, dan juga cuci tangan lagi saat akan melepas masker. Saat meletakkan tangan di dekat wajah, sangat penting untuk membersihkannya. Cuci tangan Anda dengan air sabun selama minimal 20 detik dan keringkan secara menyeluruh. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

4. Pastikan masker menutupi hidung dan mulut. Masker wajah Anda harus menutupi hidung dan mulut Anda setiap saat untuk hasil terbaik. Pilih masker yang nyaman untuk wajah bentuk Anda. Ukuran masker yang terlalu besar atau terlalu kecil akan menyebabkan perlindungan masker wajah kurang optimal.

5. Cobalah tips berikut ini agar kacamata tidak berkabut saat menggunakan masker.  Setelah Anda menempelkan klip hidung masker ke wajah, letakkan bantalan kacamata Anda di bagian paling atas masker agar napas Anda tidak membuat kacamata buram. 

Atau, cuci kacamata Anda dengan air sabun sebelum memakainya - sabun dapat meninggalkan lapisan film tak terlihat yang berfungsi sebagai pelapis dari kabut.

6. Simpan masker di tempat yang bersih dan kering. Simpan masker cadangan Anda tetap pada bungkusnya dan untuk masker yang dapat digunakan kembali simpan pada tempat lain agar tidak basah atau kotor. Jangan lupa selalu menerapkan 3M: Memkai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan ketika Anda sedang beraktivitas di luar.