Video Seru untuk Edukasi Anak tentang Pentingnya 3M
Video Edukasi 3M (YouTube BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Memberi pengertian kepada anak untuk taat protokol kesehatan 3M: mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak menjadi pekerjaan rumah buat orangtua. Mereka sering merasa tidak nyaman ketika menggunakan masker. Padahal masker sangat penting untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Perlu trik khusus supaya anak bisa mamahami pentingnya 3M dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memberikan tontonan yang menarik tentang 3M. Banyak animasi yang bisa kita cari di YouTube untuk kita tonton bersama. 

BNPB juga merilis karya video iklan layanan masyarakat (ILM) yang dibuat oleh Bagong Sorbardjo dari D.I Yogyakarta. Video ini berisi tips-tips menghadapi pandemi COVID-19 dan menjadi pemenang favorit dalam Tangguh Awards 2020. 

Video tersebut adalah bukti wujud peran masyarakat untuk lebih sadar, memahami, dan belajar serta bersama-sama menanggulangi bencana dan penyebaran COVID-19. 

Beberapa waktu lalu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan penerapan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta mengikuti vaksinasi merupakan hal yang wajib.

"Melakukan 3M, mengikuti aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan melakukan vaksinasi, menurut pandangan para ulama, itu merupakan suatu kewajiban, artinya wajib dilakukan. Karena apa? Karena itu adalah untuk menghindarkan terjadinya bahaya, mudarat," kata Wapres Ma’ruf dilansir Antara, Senin, 1 Februari.

Selain penerapan protokol kesehatan 3M dan vaksinasi, Wapres Ma'ruf juga mengatakan bahwa membantu pengobatan COVID-19 lewat plasma konvalesen juga merupakan kewajiban.