Lagu Mars <i>3 Wajib</i> Gelorakan Semangat Patuh 3M
Mars 3 Wajib (Youtube BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 mendatangkan masa penuh tantangan dalam berbagai sendi kehidupan kita. Aktivitas yang semula normal, mendadak berubah karena musuh tak kasat mata terus mengintai dan membahayakan jiwa.

Namun, banyak yang memilih menghadapi masa penuh ketidakpastian dengan tetap berkarya mengasah dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Sehingga, roda kehidupan terus berjalan. Termasuk bagi kalangan musisi. 

Dody Is, pencipta lagu 3 Wajib, mengaku terinspirasi karena kondisi pandemi. "Saya diminta bikin lagu mars. Awalnya bingung karena di Kahitna kan mainnya lagu pop. Mars itu harus gembira, semangat, bahagia, dan gak butuh waktu lama saya bikinnya. Sudah dapat nadanya, akhirnya saya masukkan kampanye 3 wajib," jelasnya saat talkshow Musikalitas Ditengah Pandemi di Media Center Graha BNPB, Jakarta, Jumat, 22 Januari.

Mario Ginanjar menjadi salah satu penyanyi dalam mars ini mengaku senang bisa bergabung dengan penyanyi lain di lagu ini. "Buat aku sleama kita bisa berbuat baik melalui bakat musik kita, aku akan selalu ikutan. Tentu di tengah pandemi ada ajakan kita untuk lebih aware dengan Aman, Imun, Aman," katanya.

Meskipun pandemi membuat mereka tidak bisa manggung, kreativitas tidak putus. Setelah membuat lagu 3 Wajib, Dody Is ingin membuat tantangan patuh 3M

"Saya pengin buat Februari challange untuk menggunakan masker secara terus-menerus selama sebulan penuh. Intinya saya ingin ngajak semua masyarakat patuh untuk 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerimunan," tambah Dody Is. 

Mario Ginanjar mengaku pandemi juga memberikan pelajaran hidup. "Pandemi membuat aku tidak takabur. Belajar siap mental, dana darurat. Selama ini kan kita mikir besok nyanyi lagi, jadwal 2021 sudah lumayan. Ternyata ada pandemi smeua di-cancel, di situ saya belajar tidak ada yang pasti di dunia ini," Mario Ginanjar. 

"Orang banyak di rumah, banyak berkarya, banyak ide-ide. Pandemi ini membuat kolaborasi musisi lebih besar dengan ide-ide menarik. Semoga bisa lebih kreatif setelah pandemi berlalu," imbuh Dody Is.