5 Resep Masker Alami yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat
Ilustrasi masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat (Freepik/user18526052)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali bahan alami yang tersedia di dapur dan bisa dimanfaatkan untuk masker wajah. Termasuk buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin dan mineral bergizi. Untuk membuat masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat, Anda bisa mengikuti resep berikut ini.

1. Resep masker wajah dari pisang untuk kulit rawan berjerawat

Bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep masker wajah yang pertama, adalah satu buah pisang ukuran sedang. Siapkan pula ½ sendok teh soda kue dan ½ sendok teh bubuk kunyit. Cara membuatnya, tumbuh buah pisang dan campurkan dengan kedua bahan lainnya. Aduk hingga merata dan menjadi pasta, kemudian aplikasikan pada kulit wajah setelah mencuci muka.

Resep masker kunyit yang dicampur dengan pisang dan soda kue ini, bisa dipakai rutin. Karena selain mengandung vitamin A dalam pisang, bubuk kunyit dapat menghalau bakteri penyebab jerawat. Sedangkan soda kue dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit Anda.

masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat
Ilustrasi masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat (Freepik/Kamran Aydinov)

2. Resep masker wajah dari labu madu untuk menghilangkan bekas jerawat

Setelah kulit mengalami luka, khususnya karena jerawat, bisa menyebabkan warna kulit tidak rata. Kulit bekas jerawat akan lebih gelap daripada warna kulit bagian lain. Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa memakai masker wajah dari labu madu. Cara membuatnya, siapkan satu buah labu madu yang dihaluskan. Campurkan dengan 1 sendok makan madu dan 2 tetes tea tree oil. Ratakan ketiga bahan tersebut, dan aplikasikan pada kulit wajah saat sudah dibersihkan.

Melansir Allure, Senin, 10 Oktober, masker ini memiliki efek anti jerawat. Sehingga cocok dipakai untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat. Labu, dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan tea tree oil untuk melawan noda, dan madu membantu mencerahkan kulit. Anda bisa mengoleskan masker alami ini seminggu sekali agar kulit lebih bercahaya dan warna merata.

masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat
Ilustrasi masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat (Freepik/Kamran Aydinov)

3. Resep masker alami dari alpukat untuk kulit kering

Untuk membuat masker alami yang ketiga ini, siapkan satu buah alpukat, 2 sendok makan yoghurt tawar, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Cara membuatnya, haluskan buah alpukat dan campurkan dengan bahan lainnya.

Alpukat dan minyak zaitun dapat membantu menutup celah antara sel-sel kulit, ini karena mengandung asam lemak omega-3, kata Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, NYC. Bahan lainnya membantu menenangkan dan mengencangkan kulit. Jika mengaplikasikan resep masker alami ini, pastikan membilas hingga bersih terutama di sekitar garis rambut.

4. Resep masker alami dari yoghurt untuk kulit sensitif

Yoghurt merupakan bahan alami yang kaya akan probiotik dan protein kulit yang menenangkan. Untuk membuat maskernya, Anda perlu menyiapkan 1 sendok makan yoghurt, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh cokelat bubuk. Campurkan ketiga bahan tersebut, kemudian aplikasikan pada bagian dahi, pipi, dagu, hingga leher.

Mengapa perlu mencampurkan bubuk kakao dalam resep masker wajah alami ini? Menurut ahli, bubuk kakao mengandung flavanol yang meredakan iritasi. Sementara apabila dikombinasikan dengan madu, dapat membantu mengencangkan kulit. Artinya, ketiga komposisi masker alami ini cocok untuk kulit sensitif.

masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat
Ilustrasi masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat (Freepik)

5. Resep masker alami dari oatmeal untuk kulit berminyak

Oatmeal mungkin merupakan bahan yang tidak asing untuk bahan masker karena dapat menenangkan kulit. Apalagi jika dipadukan dengan telur dan 1 sendok makan jus lemon, yang mana ketiganya dapat membantu mengurangi kelebihan minyak dan mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk membuat masker alami ini, siapkan ½ cangkir oatmeal yang dimasak kemudian dinginkan dalam suhu ruangan. Setelah itu, campurkan dengan satu butir telur dan 1 sendok makan jus lemon. Ratakan ketiga campuran tersebut kemudian masker alami dapat dipakai secara rutin.

Itulah kelima resep masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Perlu Anda ketahui, jika tipe kulit Anda berminyak, lebih rentan mengalami jerawat. Artinya, rawat secara tepat setidaknya dua kali sehari mencuci wajah supaya tumpukan kotoran dan sel kulit mati tidak memperparah tumbuhnya jerawat.