Mengenal Manfaat Mugwort, Tanaman Serupa Rumput Liar yang Bisa Cegah Penuaan Kulit
Ilustrasi (Yasupi/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir-akhir ini, Anda tentu sering mendengar mugwort dalam dunia skincare dan kecantikan seperti masker wajah. Mugwort merupakan bahan dasar utama yang banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan Korea. Kandungan ini telah digunakan selama berabad-abad di Korea. Mugwort dalam produk skincare dirancang khusus untuk menenangkan kulit sensitif, merawat kulit kering, dan menyembuhkan jerawat. Sebab mugwort memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang baik melindungi kulit.

Mugwort yang punya nama latin Artemisia memiliki kandungan bahan aktif yang terdiri dari vitamin E dan antioksidan lain yang melindungi, menutrisi, dan melembabkan kulit. Antioksidan ini juga sangat baik dalam mencegah penuaan kulit. Mugwort dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. 

Dikutip dari laman Illui-Illui, Jumat, 20 Januari, berikut penjelasan lebih lanjut terkait manfaat mugwort untuk kulit kering, penuaan, dan kulit jerawat.

Manfaat Mugwort untuk Kulit Sensitif dan Kering

Mugwort memiliki sifat lembut dan menghidrasi sehingga bagus untuk kulit sensitif dan kering. Dokter kulit, Rachel Nazarian, mengatakan bahkan mugwort merupakan pengobatan yang cocok mengobati eksim dan psoriasis. Sifat anti-inflamasi mugwort secara efektif menarget kulit yang teriritasi dan kering. Sedangkan kandungan vitamin E dalam mugworts bertujuan meredakan kemerahan pada kulit juga membantu melembabkan kulit kering.

Manfaat Mugwort untuk Anti-Aging

Dokter kulit, Ted Lain, berpendapat bahwa mugwort sangat baik digunakan pada kulit dewasa. Dia berkata bahwa uji coba berbasis tikus dan sel mengungkapkan mugwort bertindak sebagai antioksidan, membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet, serta stimulator kolagen, untuk membantu mengurangi munculnya garis-garis halus. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan kalau mugwort mampu mencerahkan dan membuat tampilan kulit lebih kenyal.

Manfaat Mugwort untuk Kulit Berjerawat

Sifat antibakteri pada mugwort memungkinkannya melawan bakteri di kulit penyebab jerawat. Mugwort bekerja di pori-pori untuk membersihkan bakteri dan minyak berlebih. Sehingga secara alami mugwort mampu membunuh bakteri dan mengobati jerawat.

Sudah tahu ‘kan manfaat mugwort sekarang? Memasukkan produk perawatan kulit dengan kandungan mugwort dalam rutinitas skincare harian Anda bisa membawa banyak manfaat uang bisa Anda rasakan pada kulit Anda.