6 Manfaat Penggunaan Gel Lidah Buaya untuk Kulit Wajah
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Lidah buaya adalah salah satu dari sekian tanaman yang punya segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Jika di dunia kesehatan lidah buaya berguna untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh pada penderita diabetes tipe 2, maka manfaat lidah buaya untuk wajah dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Menggunakan masker original lidah buaya untuk memperlambat penuaan dini dapat dilakukan bagi wanita berusia 45 tahun ke atas. Berfungsi meningkatkan elastisitas kulit dan produksi kolagen, segudang manfaat lidah buaya untuk wajah ini akan membuat Anda tampak lebih awet muda nan glowing.

Menenangkan kulit setelah terbakar sinar matahari

Manfaat lidah buaya paling terkenal yaitu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Karena sifatnya melembabkan dan menyembuhkan secara alami, penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan pada kulit, dilansir dari Mind, Body, Green, Kamis, 14 September.

Beberapa penelitian menemukan bahwa aloin, senyawa dalam tanaman lidah buaya, memiliki sifat anti inflamasi yang membantu proses penyembuhan kulit. Lidah buaya juga kaya akan antioksidan dan metallothionein, yang terbukti memiliki efek perlindungan pada kulit rusak akibat sinar UV.

Bantu hilangkan noda hitam

Noda hitam pada kulit, disebut juga hiperpigmentasi, bisa meninggalkan bekas karena berbagai alasan. Baik akibat paparan sinar matahari, jerawat, atau sekadar proses penuaan normal, nda hitam ini agak sulit dihilangkan. Namun, senyawa yang disebut aloesin, di tanaman lidah buaya, dapat membantu meringankan masalah tersebut.

Melembabkan kulit

Lidah buaya memiliki sifat melembabkan. Daun lidah buaya memiliki kandungan air yang banyak, terutama di lapisan paling dalam sehingga bantu menghidrasi kulit dan mengunci kelembaban. Selain itu, kandungan gula yang disebut mucopolysaccharides pada lidah buaya juga bantu mempertahankan kelembaban di kulit.

Punya manfaat anti-aging

Kulit yang terhidrasi adalah kulit sehat. Kelembaban yang cukup juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti garis-garis halus dan kerutan. Selain kemampuannya untuk membantu mengisi dan mempertahankan kelembaban kulit, lidah buaya juga merangsang produksi asam hialuronat serta serat kolagen dan elastin di kulit. Komponen ini menjaga kulit tetap terhidrasi, kencang, dan kenyal. Mengoleskan lidah buaya secara topikal telah terbukti membantu mengembalikan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

Mengurangi jerawat

Produk berbahan dasar lidah buaya atau gel originalnya bisa diaplikasikan pada semua jenis kulit. Minim efek samping, manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya bisa mengurangi bakteri dan peradangan pada jerawat membandel.

Memiliki sifat antimikroba, gel lidah buaya dianggap efektif untuk mengobati jerawat meradang tanpa menyebabkan kerusakan pada kulit. Selain itu, penggunaan gel lidah buaya secara rutin juga akan membantu merangsang kulitmu dalam meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Menenangkan psoriasis dan eksim

Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis menandakan terjadinya peradangan umum dan gangguan pelindung kulit. Kabar baiknya, kedua gangguan kulit ini bisa disembuhkan dengan gel lidah buaya.

Selain itu, kulit yang pelindungnya rusak juga lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri. Dan lidah buaya dianggap sebagai antiseptik yang dapat melawan jamur, bakteri, dan virus. Menurut Mayo Clinic, penggunaan krim lidah buaya pada psoriasis juga dapat membantu mengurangi pengeroposan, kemerahan, dan iritasi yang disebabkan oleh kelainan tersebut.

Menjaga paras agar tetap sehat dan cantik, itulah rangkaian manfaat lidah buaya untuk wajah.

Terkait