Untuk Mengantisipasi Ular Masuk Rumah, Tanam 7 Jenis Tanaman yang Ditakuti Berikut Ini
Ilustrasi tanaman yang ditakuti ular (Pexels/GM Rajib)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam rantai makanan, ular merupakan pemangsa tikus. Ekosistem akan bekerja dengan baik jika setiap rantai makanan hidup terkontrol. Ketika tak terkontrol, ekosistem akan terganggu. Bahkan memungkinkan hewan-hewan tersebut masuk pekarangan rumah. Alih-alih membunuhnya, Anda bisa mengusirnya saja dengan menanam tanaman yang ditakuti ular di sekitar rumah.

Apa saja tanaman yang cantik, tetapi juga membuat pekarangan Anda tak didatangi binatang ovovivipar ini? Berikut ini daftarnya.

1. Marigold

Bunga marigold berwarna cerah, antara kuning atau putih. Mengutip Home and Garden Digest, Rabu, 13 April, bunga ini termasuk tanaman yang ditakuti ular. Bahkan dianggap paling ampuh karena bisa memancarkan aroma. Marigold memiliki akar kokoh dan mudah perawatannya.

2. Lidah mertua

Tanaman ini kerap diletakkan di dalam rumah karena bermanfaat membersihkan udara. Ular, ternyata juga enggan bersarang di daun-daun berbentuk tajam.

3. Serai

Selain tahan ketika musim kemarau, serai mudah dirawat sekaligus bisa menjadi bumbu makanan. Serai atau dikenal dengan lemongrass memang memendarkan aroma citrus yang kuat. Tanaman ini tidak hanya mengusir ular, tetapi juga nyamuk dan kutu.

tanaman yang ditakuti ular
Ilustrasi tanaman yang ditakuti ular (iStockphoto)

 

4. Bawang putih

Hampir setiap rumah pasti menyimpan bawang putih sebagai stok bumbu di dapur. Jika memungkinkan, Anda bisa membeli tanaman bawang putih yang ditakuti ular. Letakkan tanaman tersebut di lokasi yang paling lembap. Ular akan enggan membuat sarang di sana, karena bagi ular aroma bawang putih mengganggu.

5. Mugwort

Tanaman selanjutnya yang ditakuti ular, ialah mugwort. Tanaman ini dikenal sebagai bahan skincare produk. Selain itu, tumbuhnya mudah dan bersifat insektisida.

6. Snakeroot

Menanam tanaman ini memang perlu hati-hati. Karena tidak hanya dicap sebagai tanaman yang paling ditakuti ular, tetapi juga beracun. Snakeroot dengan nama ilmiah Agerantina altissima ini mengandung alkohol beracun yang bersifat mematikan.

7. Agapanthus merah muda

Anda mungkin tak asing dengan tanaman cantik yang dikenal dengan Blue African Lily. Ini merupakan salah satu varietas tanaman Agapanthus. Sedangkan agapanthus berwarna merah muda, bisa ditanam di pekarangan rumah dengan tujuan mengusir ular dan mengantisipasi supaya tidak masuk rumah.

Selain tanaman di atas, aroma yang kuat tidak disukai ular. Aroma tersebut menguar dari jeruk dan rempah-rempah. Bau tersebut menutupi kemampuan mereka membaui bau mangsanya.