Biar Taman Aman, Ini 6 Tanaman yang Tidak Disukai Ular
Ilustrasi tanaman yang tidak disukai ular (Freepik/kuritafsheen77)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Taman yang indah perlu dijaga keamanannya dari hama. Untuk mencegah ular masuk area taman, Anda bisa menambahkan tanaman jenis tertentu. Tanaman pengusir ular ini penting ditanam terutama jika tinggal di daerah tempat berkembang biaknya reptil. Berikut tanaman yang perlu ditanam sekitar taman untuk mengusir ular.

1. Marigold

Marigold memiliki aroma pedas yang kuat dan bunga mekar berwarna merah, kuning, dan oranye yang membuat ular menjauh. Melansir Homes&Gardens, Selasa, 16 Januari, bunga-bunga cerah dan indah ini tampak polos, tetapi akar marigold tumbuh dengan agresif. Akar kokoh inilah pengusir ular. Mereka mengeluarkan bau yang kuat yang mengusir ular dan tikus tanah. Mereka juga dapat menjangkau tempat ular bersembunyi, sehingga baunya akan mencapai jauh ke dalam tanah.

Margold termasuk tanaman tahunan yang lembut. Tanaman ini juga bisa tumbuh subur subur di bawah sinar matahari selama bulan-bulan. Anda dapat menanam marigold dari bijinya, dan membuatnya menghasilkan bunga baru untuk mengusir ular. Marigold juga bagus ditanam untuk menarik kupu-kupu.

tanaman yang tidak disukai ular
Ilustrasi tanaman yang tidak disukai ular (Freepik/lachetas)

2. Allium atau bawang berbunga

Berkat kandungan sulfonatnya yang tinggi, bau tanaman allium menyengat. Ini juga efektif mengusir ular karena memiliki bunga mencolok berwarna ungu tua seperti pom-pom. Anda bisa menanam sebagai pagar pembatas. Namun perlu diingat, daunnya yang lebar dan kurang indah yang merupakan tempat sempurna untuk siput bersembunyi.

3. Serai

Cukup beruntung untuk tinggal di Kawasan beriklim lebih hangat. Maka Anda bisa menanam serai dan menambahkannya ke daftar tanaman pengusir tawon Anda juga. Serai tumbuh baik di bawah sinar matahari, daerah lembap, dan hangat. Aromanya seperti jeruk yang menyegarkan, dan ini mampu mengusir ular jauh-jauh. Serai di Kawasan tropis bisa tumbuh sepanjang tahun. Cukup tambahkan sedikit mulsa untuk perlindungan.

tanaman yang ditakuti ular
Ilustrasi tanaman yang tidak disukai ular (Freepik/ededchechine)

4. Lidah ibu mertua

Dikenal sebagai snake plant atau sansevieria. Daun tanaman ini meninggi dan berliku seperti pedang yang membuat ular merasa tidak nyaman. Tidak ada alasan yang jelas kenapa ular takut pada tanaman ini. Entah karena bentuknya yang mengancam atau karena tepi daunnya yang tajam. Tanaman ini termasuk tanaman abadi yang tumbuh subur di luar ruangan maupun dalam ruangan. Tetapi hindari sansevieria terpapar matahari langsung sebab membuat daunnya gosong.

5. Mugwort

Tanaman ini kerap diulas diolah menjadi bahan skincare. Pesona tanaman ini mungkin terletak pada daunnya yang berwarna perak dan berbulu halus. Mugwort juga mempunyai aroma yang menyengat dan tidak disukai ular.

Mugwort tergolong tanaman yang mudah tumbuh. Tetapi di musim saat suhu dingin, mereka akan kehilangan daunnya. Tetapi akan tumbuh kembali saat suhu lebih hangat.

6. Alder kuning

Warna bunganya ceria, tetapi secara tak terduga bisa membantu Anda menjaga taman supaya tidak didekati ular. Tumbuhan semak ini tumbuh rendah dan bagus untuk penutup tanah. Mereka lebih menyukai sinar matahari penuh atau teduh parsial. Tetapi lebih senang berada di tanah yang subur, lembap, dan memiliki drainase baik.

Itulah keenam tanaman yang ditakuti ular. Selain tanaman yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menabahkan tanaman herbal, yaitu basil atau kemangi di taman belakang. Selain bisa dimanfaatkan untuk meracik hidangan, bisa menjaga area rumah aman dari kedatangan ular.