6 Jenis Aroma yang Dibenci Kucing, Bisa Dimanfaatkan untuk <i>Toilet Training</i>
Ilustrasi aroma yang dibenci kucing (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing memiliki indra penciuman yang sensitif daripada manusia. Mereka akan terganggu dengan aroma tertentu. Tetapi aroma yang dibenci kucing bisa dimanfaatkan untuk tailet training atau bahkan mencegah perilaku buruk dari anabul. Apa saja dan bagaimana cara menggunakan aroma tersebut tanpa membuat kucing mengalami masalah kesehatan? Ini daftarnya.

1. Lemon

Aroma lemon, merupakan salah satu bau yang dibenci kucing. Jika Anda menyemprotkan ke ‘area terlarang’ untuk spraying atau pipis untuk menandai area kekuasaan, maka bisa membantunya menandai daerahnya yang telah Anda siapkan. Cukup semprotkan cairan lemon yang diencerkan dengan air. Kalau memakai minyak esensial sitrus, pakai 10 tetes dan campurkan dengan 500 mililiter air dan semprotkan ke tempat tertentu yang mana kucing enggak boleh buang air kecil sembarangan.

Namun penting diperhatikan, jangan sampai kucing menjilat benda yang disemprot air lemon. Karena melansir Pest Pointers, Rabu, 25 Januari, lemon dapat membuat perut kucing sakit.

aroma yang dibenci kucing
Ilustrasi aroma yang dibenci kucing (Freepik/wirestock)

2. Cuka putih

Aroma cuka putih sangat menyengat bagi kucing. Bau ini enggak disukai kucing tetapi aman jika disemprotkan di meja makan di rumah. Artinya, Anda bisa memakai cuka putih yang diencerkan sebagai pelindung tutup makanan agar kucing enggak naik-naik meja untuk memangsa makan siang Anda.

3. Lavender

Tak seperti efek positifnya jika dihirup manusia, minyak esensial lavender dibenci oleh kucing. Sebagai alternatif, Anda tak perlu menyemprotkan minyak esensial lavender. Tetapi cukup tanam tanaman lavender yang mana setiap berbunga akan terendus aromanya oleh kucing. Ini juga bisa menjaga properti di rumah yang enggak boleh dikacaukan oleh cakaran kucing.

4. Rosemary

Rosemary adalah tanaman herbal yang dapat digunakan dalam bentuk minyak atsiri atau ditanam. Karena ini juga merupakan ramuan kuliner, ia dapat melakukan tugas ganda di kebun Anda. Menanam rosemary dapat membantu menjauhkan kucing dan juga menjadi tambahan yang bagus untuk taman dapur Anda.

aroma yang dibenci kucing
Ilustrasi aroma yang dibenci kucing (Freepik)

Memakai minyak esensial untuk mengarahkan kucing berperilaku baik di rumah, tidak direkomendasikan. Lebih baik Anda menanam tanaman seperti rosemary atau lavender untuk meminimalisir potensi negatif pada kesehatan kucing.

5. Thyme

Thyme dibenci kucing karena aromanya sangat kuat. Anda bisa menanam kombinasi thyme dan rosemary untuk membatasi dapur dan ruang makan agar tidak diakses oleh kucing. Aroma herbal ini terlalu kuat untuk kucing dan tidak menunjukkan sumber makanan. Jadi, kucing menjauhi thyme. Thyme juga terdaftar sebagai tidak beracun untuk kucing oleh ASPCA. Jadi, daunnya aman untuk disimpan di sekitar kucing Anda.

6. Mint

Salah satu aroma yang dibenci kucing tetapi tanamannya paling mudah tumbuh adalah mint. Ada banyak varietas ming yang berbeda dan semuanya tidak disukai aromanya oleh kucing. Jadi kalau ada kucing tetangga yang suka mengacak-acak taman, cukup tanam mint tetapi pastikan mereka tidak memakannya karena bisa beracun.

Itulah keenam macam aroma yang dibenci kucing tetapi bisa dimanfaatkan mengarahkan kucing toilet training secara benar. Paling aman, pilihlah berbentuk tanaman agar kecil kemungkinannya tertelan oleh kucing.