Mengapa Kucing Suka Menyuruk Laptop? Menurut Ahli: Untuk Dapatkan Perhatian
Ilustrasi kenapa kucing suka duduk di atas laptop (Pexels/Aleksandar Cvetanovi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perilaku kucing, bagi pecinta hewan berbulu nan lucu ini, dianggap misterius. Sebab hampir setiap kucing suka tidur, suka dibelai, dan pergi sekira mereka sudah cukup. Lebih misterius lagi, kucing suka ndusel atau menyuruk laptop ketika Anda sedang beraktivitas di depan komputer jinjing tersebut.

Tidak ada yang salah ketika kucing duduk di atas laptop. Tetapi yang kerap mengundang masalah adalah ketika Anda sedang bekerja dan rentan membuat kesalahan karena perilaku kucing. Tenang, menurut Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat dilansir Reader’s Digest, Jumat, 13 Mei, perilaku kucing yang menyuruk laptop tidak sama dengan kesukaannya pada kardus.

“Banyak kucing cucuk di tempat seperti keyboard dan laptop karena mereka berada di dekat orang favorit mereka dan dapat menjadi pusat perhatian,” jelas Krieger yang juga penulis Naughty No More: Changing Unwanted Behaviors Through Positive Reinforcement.

Biasanya, orang atau pemilik kucing memperkuat perilaku dengan membelai atau berbicara dengannya. Kucing dengan cepat belajar bahwa ketika mereka duduk di keyboard, mereka mendapatkan perhatian yang diinginkan.

kenapa kucing suka duduk di atas laptop
Ilustrasi kenapa kucing suka duduk di atas laptop (Pexels/João Jesus)

Beberapa orang berpikir bahwa kucing juga tertarik pada laptop karena mesinnya yang hangat. Bukan rahasia lagi bahwa kucing menyukai hal-hal yang lebih hangat daripada kita. Kisaran suhu yang diperlukan kucing tanpa perlu mengeluarkan energi untuk mendinginkan atau menghangatkan diri kisaran 29,4-37,7 derajat Celsius. Itulah sebabnya mereka bisa tidur di zona termonetral, termasuk tidur di bawah sinar matahari ketika ia membutuhkannya.

Namun dari anggapan di atas, besar kemungkinan kucing tidur di dekat laptop karena alasan lain. Jika kucing menggosok wajahnya di laptop Anda, ia melakukannya karena posesif. Dengan menggosokkan wajah, mereka mentransfer aroma mereka pada benda tersebut. Ini merupakan cara kucing menandai wilayahnya.

Krieger menyarankan, jika kecintaan kucing pada laptop mengganggu Anda, lakukan pencegahan yang tidak dibenci kucing Anda.

“Anda dapat menghentikan kebiasaan itu dengan memberikan kucing tempat yang nyaman dan diinginkan untuk menetap di sebelah Anda sambil secara bersamaan memperkuat dan menghadiahinya dengan kasih sayang dan perhatian ketika kucing duduk atau berbaring (di tempat itu),” kata Krieger.

Cara lain agar tidak membahayakan layar laptop dari cakaran kucing, Anda bisa membeli laptop mainan untuk kucing. Nah, jika cara ini gagal, cobalah untuk melatih kucing duduk di tempat lain dengan tetap memberikan perhatian padanya.