5 Tips Mengenalkan dan Memberi Nama Kucing Sesuai Karakternya
Ilustrasi nama kucing sesuai karakter (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengadopsi kucing, membuat suasana rumah menjadi lebih ceria. Setelah mengadopsinya, mungkin Anda berpikir lebih baik memberinya nama. Karena dengan memberi nama, anggota keluarga di rumah dapat berinteraksi dengan anabul lucu.

Menurut ahli perilaku hewan peliharaan, Mikel Delgado dilansir Rover, Rabu, 22 Februari, ada tips untuk memilih dan memberi nama kucing yang baik dan lucu. Berikut cara memberi nama kucing yang mencerminkan kualitas dan kreativitas Anda.

1. Sesuaikan dengan karakter kucing

Setiap ras memiliki karakter masing-masing. Tetapi pada prinsipnya, mereka memiliki kebiasaan yang sama dari semua famili kucing. Bukan berarti Anda bisa memilih sembarang nama, justru semakin dekat dengan karakternya akan membangun hubungan baik dengan mereka.

nama kucing sesuai karakter
Ilustrasi nama kucing sesuai karakter (Freepik)

Saat kita mengembangkan hubungan dengan semua orang dalam hidup kita, orang atau hewan peliharaan, nama membantu kita mengidentifikasi dan terhubung dengan mereka, kata Delgado. Artinya, pilih nama yang sesuai dengan karakternya. Apakah mereka lucu, pemarah, atau berwajah jutek, ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam memberi mereka nama.

2. Pilih nama yang bisa disuarakan dengan nada tinggi

Penelitian menunjukkan, kucing merespons nada yang lebih tinggi dan variasi nada yang lebih baik. Jadi pertimbangkan nama yang mudah dilafalkan dengan nada tinggi agar anabul mudah merespons ketika Anda memanggil namanya.

Selain itu, kucing cenderung menanggapi kata-kata lebih pendek. Ini karena pesan pendek lebih jelas dan sederhana. Karena itu, mereka akan memproses kata atau bunyi yang mencoba menarik perhatian mereka. Nah, jika Anda sudah memberi anabul nama panjang, berikan nama panggilan yang lebih pendek secara konsisten.

3. Kucing akan cepat mengenali namanya jika diberi hadiah

Kucing dapat belajar mengenali suara manusia seiring waktu. Kucing juga mengenali nama mereka apabila dikenalkan dengan cara-cara tertentu. Seperti dengan memberinya treats setelah ia merespons panggilan nama Anda.

nama kucing sesuai karakter
Ilustrasi nama kucing sesuai karakter (Freepik)

Memberi nama kucing mungkin tidak akan berlangsung cepat. Karena kucing terkenal dengan kemandirian dan sikan menyendiri, terkadang sangat sulit menentukan apakah mereka telah mengenali namanya atau belum. Tetapi, Anda bisa melatihnya secara konsisten dengan cara yang sama.

4. Gunakan suara yang konsisten

Seekor kucing dapat mengenali namanya dengan cukup baik selama pemiliknya konsisten dengan cara mereka memanggilnya. Artinya, kalau terlalu banyak nama panggilan dapat menyebabkan anabul kebingungan. Jadi mulailah dengan perintah sederhana, seperti “Come, Tory”. Anda juga dapat menggunakan suara yang konsisten, seperti membunyikan bel.

Selain dengan suara, Anda bisa menyertakan gerakan tangan seperti mengulurkan dengan lembut. Kuncinya, menurut Delgado, adalah mengasosiasikan perintah dengan suguhan. Ucapkan perintah saat Anda merogoh tas makanan, dan akhirnya, suara perintah akan membuat kucing datang saat dipanggil.

5. Hindari memberi nama kucing yang menyiratkan bahaya

Meskipun Anda bebas memberi nama kucing sesuai dengan karakternya, tetapi pakar beri saran hindari memilih nama yang menyiratkan bahaya. Serupa dengan memberi nama pada anjing, Anda boleh memilih nama manusia untuk kucing. Pada tahun 2019, nama kucing paling populer di antaranya Jack, Max, Lola, Zoe, Charlie, dan Milo.