Agar Plak Gigi Kucing Enggak Menumpuk, Ikuti 7 Tips Ini untuk Membersihkan
Ilustrasi  tips membersihkan plak gigi kucing yang menumpuk (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, penting untuk pro aktif tentang kesehatan gigi kucing kesayangan. Karena, kalau sakit gigi, kucing ahli dalam menyembunyikan rasa sakitnya. Tips berikut ini, perlu Anda ikuti mulai dari mengidentifikasi kondisi gigi kucing hingga perawatan sehari-hari yang minim risiko plak gigi kucing.

1. Kenali kesehatan gigi kucing lewat bau mulutnya

Aroma amis mungkin tampak normal bagi Anda yang kerap berinteraksi dengan kucing. Tetapi ketika kucing memiliki bau mulut yang tidak sedap, merupakan indikator kuat bahwa mereka mengalami masalah pada gigi. Apabila tak segera diobati, bisa menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan gigi.

2. Periksakan kucing secara rutin

Pemeriksaan gigi mungkin jarang dipikirkan bagi pecinta kucing. Tetapi penting bagi Anda untuk mengalokasikan waktu untuk memeriksakan gigi anabul kesayangan ke dokter hewan sekaligus periksa tahunan. Nanti dokter akan melakukan pembersihan gigi untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi kucing Anda.

plak gigi kucing
Ilustrasi  pembersihan plak gigi kucing yang menumpuk oleh dokter hewan (Freepik/fxquadro)

3. Rutin perawatan gigi di rumah

Di samping pembersihan plak gigi kucing oleh dokter hewan, Anda juga perlu memberikan perawatan harian pada giginya. Tidak terlalu sulit kok membersihkan gigi kucing. Menurut American Veterinary Medical Association (AVMA) dilansir PetMD, Selasa, 22 November, merekomendasikan agar kucing terbiasa dengan proses perawatan gigi di rumah. Bisa dimulai saat mereka masih kecil menggunakan kain kasa bersama pasta gigi yang dibuat khusus untuk kucing.

Untuk pembersihan gigi harian di rumah, Anda bisa memberikan hadiah. Misalnya sedikit tuna kaleng yang dioleskan pada gusi kucing. Dengan begitu, kucing akan lebih tenang dan senang.

4. Merangsang gusi

Ketika gusi kucing terluka, Anda bisa merangsang penyembuhan. Caranya, tekan dengan jari sehingga memperkuat gusi dan kucing tidak akan menderita masalah gusi di kemudian hari.

plak gigi kucing
Ilustrasi  tips membersihkan plak gigi kucing yang menumpuk (Freepik)

5. Diet untuk jaga kesehatan gigi

Alih-alih membiarkan plak gigi kucing menumpuk, cobalah untuk meminta saran diet pada dokter kucing. Dokter mungkin akan memberikan makanan terbaik untuk kesehatan kucing sekaligus giginya.

Untuk kucing dengan penyakit gigi atau masalah kesehatan mulut, dokter akan memberikan resep yang dirancang khusus. Tujuannya membantu menyembuhkan kondisi gigi kucing.

6. Berikan treats yang mengandung bahan pengikis karang gigi

Treats atau camilan kucing ada yang diformulasikan untuk mengurangi karang gigi. Anda bisa memilihnya dan diberikan secara berkala untuk mengikis karang gigi dan plak gigi kucing tidak menumpuk. Tetapi karena pengontrol karang gigi dengan camilan tidak selalu efektif, bisa Anda imbangi dengan rutin menyikat gigi kucing setiap hari.

7. Mainan juga dapat membantu gigi kucing tetap sehat

Secara alamiah, kucing adalah karnivora dan predator, jadi makanan alaminya terdiri dari tulang keras. Mengunyah tulang, dapat mengurangi karang gigi dan menjaga kesehatan gigi serta gusi mereka. Karena kucing di rumah bukan predator hewan liar di sekitar lingkungan rumah, maka memberi mereka mainan keras untuk dikunyah akan menjaga kesehatan gigi mereka.

Terakhir, plak gigi kucing agar tak menumpuk, sediakan air segar di dekat tempat makannya. Minuman dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di mulut kucing setelah makan.