Bagikan:

YOGYAKARTA – Para ilmuwan menyebut plak adalah sekumpulan mikroba hidup dikelilingi lapisan polimer yang lengket. Plak membuat mulut berbau dan gigi berlubang. Plak berbeda dengan karang gigi. Karang gigi terbentuk dari plak yang tidak dibersihkan secara teratur bercampur mineral dari air liur dan mengeras sehingga warnanya putih pucat atau kekuningan.

Karang gigi umumnya terbentuk di sepanjang garis gusi bagian depan dan belakang gigi. Meskipun memakai benang pembersih gigi cukup membantu mengurangi tumpukan karang gigi. Tetapi disarankan dibersihkan oleh dokter gigi secara rutin.

Plak gigi terbentuk dari ekosistem mulut, baik itu bakteri, sisa makanan dan minuman, serta napas. Ekosistem ini pada suatu waktu tidak seimbang, sehingga bakteri terlalu banyak dan menumpuk membentuk lapisan lengket. Khususnya saat Anda mengkonsumsi makanan karbohidrat, bakteri memakan gula, lalu menghasilkan asam dalam prosesnya. Asam tersebut menyebabkan gigi berlubang, radang gusi, dan bentuk kerusakan gigi lainnya. Karena kerusakan gigi akibat plak terjadi di bawah gusi, jadi tidak terlihat. Ini yang lama-kelamaan menggerogoti penyangga gigi kemudian bolong.

perbedaan antara plak dan karang gigi
Ilustrasi perbedaan antara plak dan karang gigi (Freepik/marishenziy)

Dengan mata telanjang, atau lewat cermin, plak gigi banyak tidak terlihat. Untuk itu penting sekali periksa rutin ke dokter gigi supaya bisa memakai alat cermin kecil guna memeriksa tumpukan plak. Plak gigi dapat hilang saat membersihkan gigi secara tertatur setiap harinya. Beberapa dokter gigi, melansir Healthline, merekomendasikan memakai sikat gigi elektrik karena dianggap efektif menghilangkan plak. Tetapi plak gigi yang telah mengeras menjadi karang gigi harus dihilangkan oleh dokter gigi profesional.

Cara mencegah plak gigi, bisa dengan menjaga kebersihan mulut dengan baik. Termasuk sikat gigi dua kali sehari atau sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan manis. Menurut American Dental Association, sikat gigi dua kali sehari direkomendasikan selama dua menit untuk mengangkat plak gigi.

Selain sikat gigi rutin, penting juga membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari karena plak dengan cepat terbentuk di celah-celah sempit antar gigi. Cara lain mencegah penumpukan plak, dengan memakai kumur gigi. Menurut sebuah penelitian, buah cranberry juga bisa membantu menyeimbangkan bakteri dalam mulut. Cranberry mengandung polifenol, kandungan inilah yang efektif mengurangi jumlah bakteri Streptococcus mutans dan Streptococcus sobrinus berkembang pesar dalam mulut. Perlu dipahami, tanpa pembersihan gigi secara rutin, plak dapat mengeras menjadi karang gigi yang kemudian menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan kerusakan gigi.