Bagikan:

JAKARTA - Implan gigi saat ini kerap menjadi pilihan utama bagi banyak orang yang ingin menggantikan gigi yang hilang secara permanen.

Selain memperbaiki fungsi pengunyahan, prosedur ini juga dapat meningkatkan penampilan dan menjaga struktur rahang tetap stabil hingga mengoptimalkan kesehatan gigi dan mulut. Lantas, benarkah prosedur implan gigi dapat menjadi solusi efektif menggantikan gigi yang hilang? 

Implan gigi dilakukan dengan menanamkan implan berbahan titanium ke dalam tulang rahang, yang nantinya berfungsi sebagai akar gigi baru. 

Menurut drg. R. A. Syanti W. Astuty, Kepala Bethsaida Hospital Dental Center sekaligus seorang ahli periodonsia, implan gigi dapat menjadi solusi efektif menggantikan masalah gigi yang hilang. Kendati demikian, prosedur tambahan mungkin diperlukan untuk memastikan keberhasilan pemasangan implan.

"Implan gigi merupakan solusi yang sangat baik untuk menggantikan gigi yang hilang secara permanen. Namun, tidak semua pasien langsung dapat menjalani prosedur ini, terutama jika tulang rahang mengalami penurunan," ujar dokter Syanti seperti dikutip Antara.

Pada pasien yang kehilangan gigi dalam jangka waktu lama, tulang rahang berisiko mengalami penyusutan atau kerusakan. Dalam situasi ini, prosedur augmentasi tulang menggunakan material bone graft atau cangkok tulang diperlukan.

Sementara itu, augmentasi tulang adalah prosedur yang bertujuan untuk menambah atau memperbaiki struktur tulang rahang agar mampu menopang implan gigi secara kuat dengan bantuan material bone graft.

Prosedur ini diperlukan untuk memastikan, implan memiliki fondasi yang kokoh dan stabil dalam jangka panjang. Dokter Syanti juga menekankan pentingnya evaluasi yang mendalam sebelum melakukan prosedur implan gigi.

Beliau juga menambahkan, pasien perlu memahami faktor-faktor yang menyebabkan hilangnya gigi serta berbagai opsi perawatan yang tersedia, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat terkait kesehatan gigi dan mulut mereka.

Perawatan kebersihan mulut yang baik sangat penting dalam mencegah hilangnya gigi serta menjaga kesehatan tulang rahang.

Pemeriksaan gigi secara rutin dan membersihkan plak dapat membantu mendeteksi masalah gigi sejak dini sehingga dapat segera ditangani.