Kenali Bahaya Implan Gigi, Perlu Perhatian Khusus untuk Merawatnya
Ilustrasi gigi kuning (Unsplash/Rudi Fargo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gigi implan atau tanam gigi menjadi solusi untuk memperbaiki kondisi gigi seseorang. Impan gigi biasanya dilakukan oleh orang yang giginya copot atau giginya cuil atau patah. Meski disebut cukup membantu, namun ada bahaya implan gigi yang mengintai di baliknya.

Impan gigi adalah proses penanaman gigi baru atau buatan dengan memasukkan benda seperti baut ke tulang rahang gigi. Benda tersebut berbahan dasar titanium dan dijadikan sebagai pengganti akar gigi. Gigi tanam umumnya dapat bertahan hingga 25 tahun. 

Gigi tanam aman dipasangkan karena telah diformulasikan khusus untuk penanaman di dalam gusi dan di atas permukaan gusi. Namun proses tersebut harus dilakukan oleh seorang dokter ahli gigi berpengalaman. Meski tingkat keberhasilannya tinggi, implan gigi berisiko mengalami efek buruk.

Bahaya Implan Gigi

Proses implan gigi harus memperhatikan latar belakang kondisi kesehatan pasien. Implan gigi sangat berkaitan dengan penyakit yang diderita pasien. Kekebalan tubuh juga mempengaruhi kondisi pasca implan gigi. Berikut ini bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari implan gigi. 

Terjadi Peradangan

Peradangan bisa menjadi risiko dari impan gigi. Lokasi penanaman gigi yang luka dan radang membuat struktur gusi menjadi rusak. Hal ini akan mengganggu kenyamanan makan anda. 

Kondisi peradangan akibat implan gigi tergolong berbahaya bagi orang yang menderita penyakit gula. Penderita diabetes cenderung memilii masalah kesulitan pembekuan darah. 

Rongga Mulut Tidak Nyaman

Bahaya lain yang bisa ditimbulkan dari impan gigi adalah rasa tidak nyaman pada rongga mulut. Impan gigi dapat mengakibatkan dagu terasa sakit. Tulang yang menyangga roangga mulut juga akan terasa tidak nyaman saat mengunyah makanan. Hal ini akan menganggu kenyamanan makan anda.

Mengganggu Saluran Pernafaan

Impan gigi juga bisa menyebabkan saluran pernafasan sekitar hidung jadi tersendat. Jika impan gigi dilakukan pada rahang gigi atas dan mengalami penonjolan, maka kondisi tersebut bisa mengakibatkan terganggunya rongga sinus atau pilek dalam waktu lama. 

Menimbulkan Pendarahan

Pasca implan gigi, anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang bertekstur keras dan panas yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan infeksi di sekitar area penanaman gigi. Infeksi ini dapat menyebabkan terjadinya pendarahan yang mengganggu kesehatan rongga mulut

Menyebabkan Bau Mulut Tidak Sedap

Impan gigi juga bisa memberikan efek bau mulut tidak sedap. Orang yang melakukan implan gigi perlu melakukan perawatan dan menjaga kebersihan gigi secara berkala. Gigi yang tidak terawat berpotensi mengalami penumpukan bakteri di sela-sela gigi. Kondisi tersebut dapat memicu bau mulut tidak sedap. 

Menyebabkan Sakit Kepala

Bahaya lain yang bisa ditimbulkan akibat implan gigi adalah sakit kepala. Kondisi ini bisa terjadi karena saraf dan pembuluh darah di area gigi satu saluran dengan pembuluh darah menuju kepala. Sakit kepala bisa terjadi ketika penanaman gigi tidak rapi atau kurang baik. 

Berat Badan Menurun

Pada beberapa orang, implan gigi bisa menyebabkan berat badan menurun. Pada minggu pertama pasca impan gigi, kondisi gigi akan terasa aneh. Anda akan mengalami keanehan saat mengunyah makanan dan terasa hambar. Kondisi ini bisa menyebabkan nafsu makan berkurang bahkan menghilang. Lalu dampaknya bisa membuat berat badan anda menurun. 

Itulah bahaya implan gigi yang bisa terjadi pada anda pasca penanaman gigi. Agar lebih aman dan bisa terkondisikan, anda perlu berkonsultasi dengan dokter ahli gigi sebelum melakukan impan gigi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.