4 Alasan Kenapa Kucing Tak Menyukai Air, Ikuti Tips Memandikannya
Ilustrasi alasan kenapa kucing tak menyukai air dan tips memandikan kucing (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kebanyakan kucing tidak menyukai air. Meskipun ada ras tertentu yang tidak membenci air. Karena perilaku tersebut, pemilik kucing perlu mengetahui cara merawat dan mengondisikan tempat tinggal secara tepat. Selain itu, agar kucing tetap mandi dalam jangka waktu berkala, maka pemilik anabul kesayangan perlu mengetahui trik agar mereka tidak berontak ketika dimandikan.

1. Kucing tak suka air karena proses evolusi

Kucing diyakini telah didomestikasi 9.500 tahun yang lalu di Timur Tengah. Mereka berevolusi di iklim gurun yang gersang dan jauh daru sungai, danau, bahkan hujan. Hal ini mengakibatkan kucing saat ini kebanyakan menghindari genangan air. Bahkan, kucing sering mencari perlindungan dari hujan dan badai petir.

Berbeda dengan ras Angora Turki dan Van Turki. Kedua ras ini dikenal suka dengan air dan bisa berenang. Mereka beradaptasi dengan iklim tinggalnya, yaitu di wilayah Danau Van Turki. Ras lain yang menyukai air, antara lain adalah Bengal, Maine Coon, dan American Bobtail.

2. Kucing peka terhadap aroma

Indra penciuman kucing empat belas kali lebih sensitif daripada manusia. Banyak orang akhirnya berspekulasi bahwa karena itu menyebabkan kucing tak suka aroma sampo, bahan kimia perawatan bulu lainnya, bahkan bau air keran.

alasan kenapa kucing tak menyukai air dan tips memandikan kucing
Ilustrasi alasan kenapa kucing tak menyukai air dan tips memandikan kucing (iStockphoto/OllegN)

3. Upaya kucing mempertahankan suhu tubuh

Apabila Anda memperhatikan, kucing banyak menghabiskan waktu untuk menjilati tubuhnya. Ini akhirnya disebut dengan ‘mandi kucing’. Kalau ditelisik lebih jauh, perilaku mandi ini merupakan upaya kucing menjaga suhu tubuhnya. Ketika bulu kucing basah karena air, sulit bagi mereka untuk kembali hangat dan kering.

4. Kucing punya pengalaman buruk pada air

Seperti halnya pada manusia, kucing juga mengalami pengalaman buruk yang berkorelasi membentuk perilakunya. Jika kucing sering terjebak hujan deras tanpa perlindungan, disemprot air, atau dipaksa mandi sehingga mereka tak merasa nyaman, ini justru membuat kucing semakin benci terhadap air. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kucing di rumah, wajib mengondisikan situasi agar kucing kesayangan tetap nyaman dan tak mengalami pengalaman traumatis terhadap air.

Nah, ketika memandikan, Anda perlu mengenali cara-cara untuk membuat kucing merasa nyaman dengan air. Biasanya, kucing dimandikan untuk menghindari masalah kulit. Mandi juga diperlukan jika kucing berguling-guling di sesuatu yang lengket atau bau.

Sebelum memandikan kucing, cobalah membiasakannya dengan bak mandi. Ini merupakan upaya agar mereka terbiasa dengan ruangan tersebut. tempatkan kucing di bak atau wastafel kosong dengan mainan, catnip, atau camilan sehingga dapat mengaitkan lokasi tersebut secara positif.

Setelah kucing merasa nyaman, isi bak dengan satu atau dua inci air hangat. Sebarkan mainan di seluruh bak mandi sehingga dia bisa bersenang-senang dengan mainan tersebut. Pastikan untuk menyiapkan sampo yang dibuat khusus untuk kucing, makanan dan mainan khusus yang disukai kucing, handuk hangat, gelas plastik untuk menuangkan air ke kucing, dan permukaan anti selip atau pelapis karet.

Selama memandikan kucing, ciptakan lingkungan yang tenang. Anda juga perlu bersikap tenang dan berbicaralah dengan lembut. Hindari menyemprot wajah dan telinga serta kumis kucing. Karena kumis kucing adalah tepat banyak reseptor sentuhan kucing berada. Setelah itu, pastikan untuk membilas sampo secara menyeluruh untuk mencegah iritasi kulit.

Kemudian setelah mandi, pakai handuk kering untuk membungkus tubuh kucing. Terakhir, akhiri sesi mandi dengan aktivitas menyenangkan, seperti memeluk atau memberi camilan favorit kucing Anda.