Berapa Banyak Kucing Dewasa Harus Minum dalam Sehari? Ketahui Penjelasannya, yuk!
Ilustrasi berapa banyak kucing dewasa harus minum dalam sehari (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Meskipun anabul, kucing, tidak suka air, tetapi mereka membutuhkan minum agar ginjal dapat bekerja dengan baik. Tanpa minum, kucing tak bisa mengeluarkan toksik dari darah. Akibatnya bisa membuat kucing dehidrasi hingga menyebabkan kematian karena gagal ginjal.

Melansir The Spruce Pets, kucing dengan gagal ginjal baik yang akut maupun kronis, seringkali perlu cairan ekstra yang diberikan secara intravena atau melalui infus subkutan. Terapi juga bisa dilakukan di rumah, dengan memberikan mereka minuman ekstra.

Tetapi asupan air berlebihan juga berbahaya bagi kucing. Mereka bisa mengalami hipertiroidisme atau diabetes kucing. Nah, secara naluriah kucing akan minum lebih banyak selama cuaca panas. Tetapi bagi pecinta kucing, perlu mengetahui apakah kebiasaan minumnya membuatnya semakin sehat atau sebaliknya.

Jika kucing tiba-tiba mengonsumsi air dalam jumlah besar, perlu diperiksakan ke dokter hewan. Selain juga mengenali kebiasaan minum normal mereka.

berapa banyak kucing dewasa harus minum dalam sehari
Ilustrasi berapa banyak kucing dewasa harus minum dalam sehari (iStockphoto)

Jaringan tubuh kucing terdiri dari sekitar 67 persen air. Makanan kucing kering atau dry food mengandung antara 6 hingga 10 persen air. Sedangkan makanan kaleng atau wet food, setidaknya memiliki 75 persen kadar air. Olah karena itu, wet food lebih baik dengan pertimbangan kecukupan kadar air. Apabila memberikan dry food, pemilik kucing perlu memastikan anabul minum cukup.

Dokter Jennifer Coates, menciptakan formula yang menunjukkan bahwa kucing dewasa seberat 5 kilogram membutuhkan sekitar secangkir sehari kalau makan makanan kering. Kucing dengan berat yang sama, apabila makan makanan basah membutuhkan sepertiga cangkir setiap harinya. Untuk anak kucing, kebutuhan minum air sesuai dengan berat badannya. Untuk berat 1,4 kilogram membutuhkan minum sebanyak 70 mililiter. Kebutuhan tersebut bisa dikalikan dua berdasarkan berat badanya. Misalnya, jika beratnya 2,7 kilogram, setidaknya mereka perlu minum 135 mililiter.

Kucing minum air mentah atau air matang, tergantung kebersihan dan kesegaran air. Air mentah yang segar dan bersih, diperbolehkan. Tetapi untuk menghindari risiko terdapat telur cacing atau bakteri yang tak terlihat mata telanjang, bisa memberikan air yang steril atau air matang.

Untuk cek kecukupan minum pada kucing, bisa dilakukan di rumah. Jika mereka dehidrasi, tes dengan cubit kulit kendur di bagian tengkuk. Apabila bekas dicubit segera kembali pada tekstur semula, maka tandanya kucing cukup terhidrasi. Sebaliknya kalau bekas cubitan tak segera kembali, dicurigai sebagai tanda dehidrasi.