Sukses Lakukan Konservasi Harimau, Ahli Minta India Fokus Pada Peningkatan Kawasan Lindung dan Pencegahan Konflik dengan Manusia
Ilustrasi Harimau India. (Wikimedia Commons/Ayush Baheti)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Narendra Modi pada Hari Jumat memuji upaya India dalam melestarikan harimau, tetapi para ahli mengatakan negara itu perlu melihat melampaui jumlah dan fokus pada peningkatan kawasan lindung dan mencegah konflik dengan manusia.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang secara aktif bekerja untuk melindungi harimau. Ini akan membuat Anda bangga bahwa India memiliki 52 cagar alam harimau yang mencakup lebih dari 75.000 kilometer persegi. Langkah-langkah inovatif sedang dilakukan untuk melibatkan masyarakat lokal dalam perlindungan harimau,” kata PM Modi, pada kesempatan Hari Harimau Internasional, melansir The National News 30 Juli.

Harimau, hewan nasional India, adalah spesies yang dilindungi di negara ini. India memiliki 2.967 harimau di alam liar, menurut sensus 2019, atau dua pertiga dari populasi dunia.

Jumlah cagar harimau telah bertambah menjadi 52 sejak kawasan lindung didirikan pada tahun 1973 di bawah Proyek Harimau, yang bertujuan untuk meningkatkan populasi di alam liar menjadi 4.000 pada dekade berikutnya.

Diperkirakan lebih dari 58.000 harimau berkeliaran di hutan India hampir dua abad yang lalu, tetapi perburuan selama beberapa dekade untuk olahraga dan perusakan habitat mengurangi jumlah mereka menjadi kurang dari 2.000 pada tahun 1970-an.

Diketahui, harimau ditempatkan dalam daftar spesies yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature pada tahun 1975. New Delhi telah banyak berinvestasi dalam peningkatan kewaspadaan dan tindakan konservasi di bawah Project Tiger.

Tahun lalu, Kementerian Lingkungan Hidup mengalokasikan tiga miliar rupee (sekitar 38 juta dolar AS) untuk proyek tersebut. Upaya yang dilakukan meliputi peningkatan keamanan dan kebijakan satwa liar yang lebih ketat, penggunaan teknologi informasi dan perangkap kamera untuk pemantauan dan pengawasan, membuat profil dan memotret setiap hewan, dan dalam beberapa kasus memindahkan penduduk desa dari daerah tangkapan air.

India juga membangun underpass terbesar di dunia di Madhya Pradesh, negara bagian dengan sekitar 550 harimau di negara itu, sehingga kucing besar dapat dengan aman menyeberang jalan raya.

“Angka-angka ini mewakili upaya besar dan kami telah membuat kemajuan di tempat-tempat tertentu,” Abishek Harihar, seorang ahli ekologi populasi dan wakil direktur Panthera, sebuah kelompok konservasi kucing liar, mengatakan kepada The National.

Meski ada upaya pemerintah, harimau masih merupakan spesies yang terancam punah karena ancaman perburuan dan penyusutan habitat yang menyebabkan konflik manusia-hewan.

Menteri Lingkungan Muda Ashwini Choubey mengatakan minggu ini, lebih dari 329 harimau telah mati di negara itu karena perburuan dan penyebab alami dan tidak alami dalam tiga tahun terakhir.

ilustrasi harimau india
Ilustrasi Harimau India. (Wikimedia Commons/Brian Gratwicke)

Setidaknya 75 kematian telah dicatat tahun ini. Selama periode tiga tahun, 68 kematian harimau dikaitkan dengan penyebab alami, lima karena penyebab tidak wajar, 29 karena perburuan dan 30 karena "penyitaan". Lebih dari 200 kematian masih diselidiki.

Di Madhya Pradesh tengah, lebih dari 1.000 hewan telah dibunuh dalam dekade terakhir, menurut Otoritas Konservasi Harimau Nasional, sebuah badan pemerintah.

Perburuan harimau untuk diambil bagian tubuhnya, terutama cakar, gigi, tulang dan bulu, terus berlanjut karena permintaan di pasar internasional ilegal, terutama di China di mana mereka digunakan dalam obat-obatan tradisional meskipun ada larangan.

Para ahli mengatakan pemerintah juga perlu fokus pada bagian timur dan timur laut negara yang dulunya merupakan habitat alami harimau.

“Ada banyak daerah yang masih belum memiliki harimau, terutama lanskap India bagian timur dan tengah seperti negara bagian Jharkhand, Odisha, dan Chhattisgarh. Ada tutupan hutan yang luas tetapi sedikit atau tidak ada populasi harimau,” terang Harihar.

Dia menyalahkan kurangnya kemauan politik karena pemberontakan kekerasan selama beberapa dekade di negara-negara bagian ini, tetapi juga menyusutnya habitat hewan seperti rusa, mangsa alami harimau.

Terlepas dari semua ini, India tetap menjadi mercusuar harapan untuk konservasi harimau.

Ini adalah satu-satunya negara yang berhasil mencapai target melipatgandakan populasi harimaunya pada tahun 2022, setelah bergabung dengan upaya konservasi global dengan 13 negara — termasuk Bhutan dan Nepal — pada tahun 2010. Pada tahun 2006 ketika jumlah harimau di India telah turun menjadi lebih dari 1.400.

Namun jumlah harimau yang terus bertambah telah membawa peningkatan signifikan konflik manusia-hewan di negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa itu.

Harimau telah membunuh lebih dari 100 orang di India selama tiga tahun terakhir, kata Choubey kepada Parlemen pada bulan April. Negara bagian barat negara bagian Maharashtra, yang memiliki hampir 400 harimau dan lima cagar alam harimau, mencatat kematian terbanyak, dengan 56. Sementara di Uttar Pradesh, 17 orang tewas dalam serangan harimau: delapan pada 2019, empat pada 2020 dan lima tahun lalu.

Para ahli mengaitkan konflik tersebut dengan menyusutnya habitat karena proyek pembangunan, kelebihan populasi di cagar alam, dan pemukiman manusia di dekat kawasan lindung yang mengakibatkan harimau tersesat untuk mencari makanan.

Sebagian besar harimau di cagar alam memiliki habitat [penyangga] yang kurang terlindungi karena dikelilingi oleh pemukiman manusia atau terganggu oleh proyek pembangunan infrastruktur.

“Jika seekor harimau kalah dalam pertarungan teritorial dan diusir dari daerah tersebut, ada kemungkinan lebih besar bahwa ia tidak akan bertahan hidup, atau memangsa ternak di habitat manusia terdekat,” tandas Harihar.

Dia mengatakan langkah-langkah untuk mencegah atau mengurangi konflik dan keterlibatan masyarakat “sangat penting”.

“Masyarakat lokal dan pemerintah perlu bekerja sama (untuk membuat) kebijakan yang kuat di sekitar tanah bersama untuk digunakan oleh masyarakat dan kejelasan tujuan apa yang akan dicapai daerah tersebut,” pungkasnya