Punya Hewan Peliharaan Berbulu dalam Ruangan, Begini Cara Menjaga Kebersihan Rumah
Illustrasi punya hewan peliharaan di rumah dan cara menjaga kebersihan rumah (Pexels/Dominic Buccilli)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Punya hewan peliharaan dalam ruangan menuntut rutin untuk membersihkan rumah. Karena mereka juga bisa bau, kotor, serta membawa kuman dan juga parasit seperti kutu. Oleh karena itu, ikuti tips dan cara berikut untuk menjaga kebersihan rumah di samping perlu juga memberi perawatan pada anabul dengan penuh kasih sayang.

1. Rutin membersihkan bulu hewan

Penyedot debu atau vacuum cleaner merupakan alat yang bisa diandalkan bagi Anda yang memelihara anabul di rumah. Pastikan vacuum bekerja efektif untuk menyedot bulu-bulu rontok di lantai, karpet, sofa, hingga kasur.

Perlu juga dipahami, tidak ada perawatan untuk mencegah kerontokan. Tetapi bisa menempuh cara untuk merawat kesehatan bulu dan kulit hewan berbulu agar tidak jamuran dan rontok semakin parah. Selain memakai vacuum cleaner, Anda perlu memiliki roller dan sikat karet yang membantu menghilangkan bulu dari jok, pakaian, dan furnitur yang lembut.

hewan peliharaan dalam ruangan dan cara menjaga kebersihan rumah
Illustrasi punya hewan peliharaan di rumah dan cara menjaga kebersihan rumah (Pexels/Anete Lusia)

2. Pastikan membersihkan noda urin atau muntah

Memelihara kucing misalnya, mereka kadang muntah karena menelan bulunya sendiri. Selain juga spraying untuk menandai area kekuasaannya ketika merasa terancam. Meskipun dua perilaku kucing tersebut alamiah, tetapi sebagai pemilik rumah perlu mengantisipasi kalau kucing melakukan hal tersebut di rumah. Caranya, bersihkan dengan cepat agar anabul tersayang tidak melakukan hal sama di tempat yang sama.

Tips dilansir The Spruce Pets, Rabu, 21 September, bisa membersihkan dengan alami. Campurkan cuka putih, satu cangkir air, dua sendok teh soda kue, dan masukkan dalam botol spray. Ini merupakan pembersih yang bisa dipakai sewaktu-waktu.

3. Bersihkan kandang dan tempat tidur hewan peliharaan secara teratur

Tempat tidur dan kandang hewan peliharaan di rumah wajib dibersihkan secara teratur. Baik itu hewan besar, seperti anjing hingga hewan kecil misalnya ikan, burung, dan reptil. Sangat penting bagi Anda untuk menjaga jadwal rutin membersihkannya. Karena kandang yang kotor dapat menyebabkan rumah bau dan tidak akan membuat hewan kesayangan merasa nyaman. Bahkan, kalau kuman menumpuk bisa menyebabkan penyakit atau infeksi.

Apabila kucing memakai liter box, bersihkan juga secara teratur. Anda bisa memanfaatkan cuka untuk melarutkan tumpukan urin yang sulit dihilangkan.

4. Pakai penyegar udara

Produk pembersih yang aman untuk hewan peliharaan ialah yang tidak mengandung bahan kuat, seperti pemutih. Selain wajib memilih yang aman untuk hewan, Anda juga wajib memilih pembersih yang ramah lingkungan. Untuk aroma yang menyegarkan rumah, bisa dengan minyak atsiri. Tetapi perhatikan komposisinya ya. Sebab beberapa jenis minyak berbahaya untuk hewan peliharaan.