Bisa Dilatih dan Mudah Beradaptasi, Ini 5 Ras Kucing Paling Cerdas
Ilustrasi ras kucing paling cerdas (Unsplash/Joesef Key)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap makhluk hidup memiliki kecerdasan masing-masing. Kucing, kerap dianggap hewan peliharaan yang sangat cerdas karena mereka dapat dilatih. Sejumlah daftar kucing ras, bahkan bisa berinteraksi dengan hewan lain serta beradaptasi dengan situasi serta lingkungan baru.

Berdasarkan perilakunya, kucing ras tertentu dianggap cerdas. Mereka bisa menikmati tantangan, bisa asyik diajak bermain, dan mampu mempelajari trik permainan. Kucing-kucing cerdas juga memahami rutinitas di rumah, seperti ketika pemiliknya pulang kerja, waktu makan, dan kapan melakukan aktivitas tertentu. Melansir The Spruce Pets, Minggu, 4 September, berikut daftar ras kucing yang paling cerdas.

1. Kucing Bengal

Kucing Bengal atau Benggala, dikenal keeksotisannya karena warna bulunya yang menyerupai jaguar atau macan tutul. Trah ini berasal dari persilangan kucing domestik dengan kucing macan tutul Asia. Bengal sangat cerdas, atletis, dan sedikit liar. Mereka cukup atraktif serta lincah, berlari kencang, memanjat, hingga bermain.

Kucing cerdas ini membutuhkan ruang yang luas untuk aktivitas bermainnya. Cakarnya gesit selincah tangan dan beberapa bisa dilatih menyalakan atau mematikan lampu, mengeluarkan barang kecil dari laci, dan mengambil ikan dari akuarium.

ras kucing paling cerdas
Ilustrasi kucing Bengal (Unsplash/Paul Hanaoka)

2. Abyssinian

Kucing Abyssinian bertubuh ramping, atletis, gesit, dan penyayang terhadap manusia. Kecerdasannya dapat mengawasi segala aktivitas dari ketinggian. Mereka lincah dan bisa dilatih trik tertentu. Sekaligus mereka punya tingkat adaptasi tinggi serta baik dalam pengaturan hidup.

ras kucing paling cerdas
Ilustrasi keturunan ras kucing Abyssinian (Unsplash/Frederic Barriol)

3. Burma

Kucing ras ini, memiliki sifat yang energik dan ramah. Mereka pintar, mudah beradaptasi, suka bermain, dan dapat dilatih. Selain melompat dan berguling, mereka bisa mengambil mainan kecil atau berjalan dengan tali.

4. Havana brown

Ras Havana dengan warna cokelat, merupakan kucing cantik berbulu halus. Kucing ini merupakan persilangan dari kucing Siam dengan ras lainnya. Umumnya, Havana brown punya rasa ingin tahu yang tinggi, sedikit cerewet, dan suka bersosialisasi dengan orang-orang di lingkungan mereka.

ras kucing paling cerdas
Ilustrasi kucing siam (Unsplash/Dagmara Dombrovska)

5. Siam

Salah satu ras kucing paling populer dan dikenal di dunia, Siam dikenal karena bulunya indah. Mereka punya sifat ingin tahu tinggi dan cenderung suka diajak mengobrol. Kucing ini cerdas, penyayang, dan energik. Mereka suka bermain dan suka bermain.

Itulah kelima daftar ras kucing dengan kecerdasan sifat yang mudah beradaptasi, bisa berinteraksi, dan dapat dilatih.