Mengenal Sifat dan Karakter Kucing Bengal, Anabul Ras yang Cerdas
Ilustrasi sifat dan karakter kucing Bengal (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing Bengal adalah kucing ras yang diturunkan dari kucing domestik dan kucing macan tutul liar di Asia yang terjadi sejak awal 1800-an dan didaftarkan di Cat Fancier’s Association (CFA) pada 1996. Sudah tahu ciri-ciri kucing Bengal yang paling gampang dikenali?

Ras kucing Bengal memiliki bulu pendek dengan warna berbagai variasi. Seperti lavender, cokelat perak, cokelat, dan sable. Kucing berbulu cantik ini, merupakan peliharaan yang ramah dan sangat aktif. Karena mereka adalah hewan pemangsa, maka kucing Bengal hampir tak bisa diam berlarian kesana-kemari.

Ketika sekilas melihat kucing Bengal, Anda mungkin akan mengira macan tutul. Itu karena kucing ini memiliki motif yang unik, seperti binatang karnivora yang liar. Tetapi tenang, kucing Bengal adalah mamalia jinak yang pnuh kasih sayang. Sejak 1983, kucing ini dianggap kucing tampan yang populer. Kalau keturunan pertama, sangat mungkin dianggap sebagai macan tutul. Lantas bagaimana sifat dan karakter kucing Bengal? Berikut penjelasannya.

1. Banyak ingin tahu

Sifat kucing Bengal yang pertama, anabul atraktif ini selalu penasaran. Jika sesuatu terjadi, mereka akan memeriksanya. Misalnya ketika Anda membeli produk baru di rumah, maka kucing Bengal akan memeriksa produk tersebut. Apalagi ketika mereka mencium aroma makanan, seperti daging atau makanan berbau amis yang mereka disukai. Uniknya, kucing Bengal juga tidak antipati pada air.

sifat dan karakter kucing bengal
Ilustrasi sifat dan karakter kucing Bengal (Freepik/wirestock)

 

2. Sangat vokal

Jika Anda memiliki kucing Bengal, Anda dapat membuang jam alarm Anda. Setelah Bengal Anda mengetahui bahwa waktu makan adalah pukul 07.00, dia akan segera mengeong keras di jam yang sama. Bahkan sejak 06.50, ia sudah mulai mengingatkan Anda untuk mengisi tempat makannya. Selain itu, ketika Anda pulang ke rumah akan disambut dan direspons ketika Anda berangkat pergi dari rumah.

3. Kucing yang cerdas

Sifat dan karakter kucing Bengal, mungkin sama seperti kucing ras lain. Mereka lincah dan cerdas. Bengal tahu persis bagaimana mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka juga tahu bagaimana mengungkapkan ketidaksukaan mereka terhadap suatu situasi.

sifat dan karakter kucing bengal
Ilustrasi sifat dan karakter kucing Bengal (Freepik/master1305)

 

4. Bersifat sosial

Jika Anda sibuk, penting untuk meluangkan waktu bermain bersama kucing Bengal Anda di rumah. Kucing jenis ini memiliki ikatan kuat dengan pemiliknya. Nah, karena mereka mudah bosan dan kesepian kalau ditinggalkan dalam waktu lama, maka bisa stres. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan sosial Anda perlu meluangkan waktu bersama mereka atau memelihara hewan peliharaan lain.

5. Kucing yang banyak anergi

Tak heran kalau kucing Bengal selalu aktif. Ini karena mereka banyak energi untuk bermain. Saat siang, mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur. Beberapa pendapat menganggap bahwa kucing Bengal memiliki sifat dan karakter seperti anjing. Melansir The Bengal Connection, Selasa, 7 Februari, selain memiliki jiwa sosial tinggi, kucing Bengal juga mudah stres di tempat baru.

Itulah kelima sifat dan karakter kucing Bengal yang penting untuk diketahui. Apabila Anda memelihara kucing ras ini, berikan mereka makanan yang bernutrisi sesuai dengan takaran kebutuhan sehari-hari.