Agar Hewan Peliharaan Tidak Stres dengar Suara Petasan, Tenangkan dengan Cara Ini
Ilustrasi hewan peliharaan takut suara petasan (Unsplash/Tran Mau Tri Tam)

Bagikan:

JAKARTA – Pada malam sebuah perayaan petasan dan kembang api bertubi-tubi dinyalakan. Bagi manusia, mungkin ini hal wajar. Tetapi bagi hewan khususnya hewan peliharaan di rumah akan sangat berbeda. Hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing memiliki indra pendengaran yang sensitif.

Karena alasan tersebut jenis hewan berbulu ini sering ketakutan dan tidak tenang ketika mendengar suara petasan dan kembang api. Saat momen lebaran yang ramai dengan bunyi-bunyian tersebut, Anda dapat menenangkan hewan peliharaan agar tidak stres dengan cara di bawah ini.

Hindari membatasi gerak

Dilansir CNN, mengurung kucing atau anjing ketika riuh suara petasan justru bisa membuatnya semakin gelisah. Mereka akan mencari tempat paling aman untuk bersembunyi. Namun, apabila dikurung akan membuat gerakannya terbatas.

Caranya menenangkan, tempatkan kucing dalam ruangan yang lega dan setting tempat persembunyian untuk hewan peliharaan kesayangan. Pada umumnya, kucing suka bersembunyi di bawah meja atau kolong tempat tidur. Ini akan membuatnya lebih nyaman.

Ruangan tempat ‘persembunyian’ bisa dilengkapi dengan peralatan kebutuhannya. Misalnya, litter box, makan, minum, dan mainan.

Pastikan tidak kabur

Gerakan hewan saat merasa gelisah akan lebih lincah. Ia akan berlari mencari tempat lebih aman. Untuk itu, jangan lupa menutup akses keluar agar tidak kabur. Ini direkomendasikan agar ia tidak lari terlalu jauh dari rumah.

Atur cahaya ruangan lebih menenangkan

Untuk mengantisipasi kilatan cahaya petasan maupun kembang api tertangkap indra penglihatan hewan peliharaan, coba menutup ruangan dengan tirai. Atur cahaya ruangan yang lebih nyaman agar hewan peliharaan bisa lebih tenang.

Mengelabui suara petasan dan kembang api

Apabila suara petasan cukup mengganggu, cobalah untuk mengelabui suara dengan menyalakan televisi atau music player. Misalnya Anda bisa memutar suara musik yang sederhana dengan beat medium untuk membuat hewan kesayangan lebih rileks.

Mengalihkan perhatian

Perhatian kucing maupun anjing mungkin akan penuh pada suara yang didengarnya. Maka, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain.

Jangan menghukum

Anjing, misalnya, memiliki kebiasaan yang berbeda dengan kucing. Anjing terbiasa dengan reward and punishment. Saat luar rumah riuh bunyi-bunyian, bangun suasana netral. Jika mungkin, hindari memberi hadiah baik berbentuk elusan atau makanan. Hindari juga memberinya hukuman karena ketakutan.