5 Alasan Ilmiah Mengapa Memelihara Anjing bisa Bikin Bahagia
Ilustrasi ajak anjing jalan-jalan (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Pada sejumlah penelitian telah dibuktikan bahwa memiliki peliharaan bermanfaat secara psikologis. Bagaimana tidak, ketika Anda merasa cemas, mereka akan menghampiri dan mengajak berinteraksi. Belum lagi, anjing dapat membuat lebih disiplin bagi penghuni rumah.

Memelihara anjing membuat hidup Anda lebih baik. Bagaimana bisa? Berikut alasan ilmiah mengapa anjing bisa membikin lebih bahagia.

Anjing dapat meningkatkan mood

Melansir Psychology Today, Kamis, 18 Februari, hewan peliharaan dapat membantu Anda mempertahankan perspektif lebih positif dan lebih optimis. Kehidupan memang up and down, dengan memiliki hewan peliharaan gejala depresi dan kecemasan jauh berkurang.

Karen Winegar, seorang ahli hewan, mengatakan hal berikut.

“Ikatan seseorang dengan hewan peliharaannya melampaui ukuran kecerdasan. Ikatannya langsung meresap ke hati dan emosi, bahkan orang lain pun tak bisa menggantikan efek positif dari relasi afektif antara Anda dan binatang peliharaan.”

Anjing membuat Anda merasa dicintai

Rasa cinta yang melimpah berefek pada produksi oksitosin atau hormon bahagia. Saat berinteraksi, dengan mengelus atau memeluk, kadar oksitosin meningkat. Oksitosin membuat Anda lebih rileks sekaligus lebih percaya diri.

Menurunkan stres

Tak hanya itu, saat oksitosin diproduksi, kortisol menurun. Artinya kadar stres akan lenyap menurut penelitian yang dilakukan di University of New York.

Penelitian tersebut meneliti tentang beberapa orang yang membawa anjing ke tempat kerja. Tujuannya untuk memulihkan stres dan tekanan pekerjaan. Hasilnya menemukan terjadi peningkatan pemulihan serta meningkatkan interaksi sosial yang lebih positif.

Anjing membantu bersosialisasi

Jika Anda seorang yang pemalu, introver, dan tidak cukup percaya diri, memelihara anjing dapat membantu Anda. Saat anjing menyapa anjing lain, Anda dapat mulai membuka obrolan dengan pemiliknya. Dan, obrolan demi obrolan dapat membuat Anda lebih lincah dalam berinteraksi.

Anjing membuat lebih sehat dan bugar

Bagi Anda yang sudah memelihara anjing tentu merasakannya. Setiap pagi Anda akan mengajaknya berjalan-jalan. Ini artinya mendorong Anda untuk lebih sehat.

Sebuah studi klinis membuktikan bahwa pemilik anjing memiliki tekanan darah lebih rendah. Kadar kolesterol pemilik anjing juga cenderung rendah.

Tekanan darah dan kolesterol berkaitan dengan penyakit jantung. Jika Anda memiliki tingkat normal pada kedua indikator tersebut, maka tak perlu khawatir dengan risiko jatung.

Mengadopsi hewan adalah salah satu cara utuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Selebihnya, Anda dapat menggiati beberapa hal positif lainnya untuk tujuan yang sama, yaitu menikmati hidup dan mereguk kebahagiaan.