7 Jam Bersama Macan Tutul di Dalam Toilet, Bollu Selamat Tanpa Luka-luka
Ilustrasi macan tutul. (Himesh Kumar Behera/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seekor anjing bernama Bollu, sekarang memiliki reputasi yang luar biasa di antara penduduk di Desa Bilinele, Dakshina Kannada, Karnata, India. Anjing itu selamat melewat siang dan malam selama tujuh jam bersama seekor macan tutul di toilet sebuah rumah.

Adalah Jayalakhshmi, pemilik rumah yang pada Selasa malam tengah berada di rumah saudaranya, saat macan tutul itu masuk ke toilet rumahnya, yang mungkin saja karena dekat dengan Hutan Suaka Kombaru.

Rabu dinihari, anggota keluarga melihat ekor macan tutul melalui pintu toilet. Ia langsung mengunci pintu dan memanggil petugas kehutanan. Petugas yang datang langsung meninjau lokasi, dan mendapatkan kenyataan mengejutkan dari jendela kamar mandi.

Seekor macan tutul meringkuk di salah satu sudut dan di sudut lainnya secara diagonal, ada Bollu sang anjing. Masing-masing tampaknya telah menandai wilayah mereka di penangkaran. 

“Letaknya berdekatan dengan Hutan Kombaru. Macan tutul mungkin masuk ke tempat tinggal manusia, mengejar anjing pada malam hari. Dan saat anjing berlindung di toilet, kemungkinan besar macan tutul mengikuti,” kata polisi kehutanan setempat Subrahmanya, melansir Indiatimes.

Sepanjang pagi, petugas kehutanan memasang lapisan jaring di atas lembaran asbes yang berfungsi sebagai atap toilet dan mendapat izin untuk membius hewan tersebut. Saat petugas hendak melepaskan tembakan, macan tutul itu merangsek keluar melalui bagian atap toilet, menembus jaring dan langsung kabur menjauh dari tempat itu ke arah hutan.

"Kami menyadari itu adalah operasi yang berisiko karena lembaran asbes te hanya ditempatkan di atas kamar mandi dan tidak diamankan ke apapun. untuk seekor macan tutul seberat 100 kg, melewatinya bukanlah tugas yang mustahil," terangnya.

"Tidak ada cedera yang menimpa siapa pun di dalam rumah. Macan tutul itu berusia di bawah lima tahun dan beratnya 80-100 kg," pungkas sang petugas.

Bollu pun terlihat baik-baik saja saat petugas bersama pemilik rumah membuka pintu kamar mandi dan mendapati Bollu tidak mengalami luka sedikitpun.