Bagikan:

YOGYAKARTA – Stres secara fisiologis ditandai dengan kelelahan, kecemasan, dan merasakan sakit kepala. Tanda tersebut dialami oleh 76 persen orang dewasa di Amerika Serikat, merujuk American Psychological Association. Di lain sisi, di AS juga terdapat 390.000 anjing dan 530.000 kucing di-eutanasia setiap tahunnya. Kedua fakta ini, ternyata dieksplorasi dalam penelitian dan menemukan bahwa menyelamatkan hewan stray atau tersesat bermanfaat meredakan stres.

Stres kronis dapat menyebabkan sejumlah patologi psikologis dan fisiologis. Secara signifikan stres memengaruhi kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup. Stres juga berkaitan menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, gangguan autoimun, penyakit kardiovaskular, penyakit endokrinologis, sindrom usus, infeksi virus, sepsis, dan penyakit pernapasan. Secara psikologis, stres dapat menyebabkan kelelahan, demensia, stres pasca-trauma, gangguan tidur, depresi, dan kesulitan kognitif. Artinya, mengelola dan mengurangi stres dapat mengurangi risiko gangguan psikologis dan fisiologis.

Menurut Jeff Comer, Psy.D., CEO rumah sakit yang juga psikolog mendaftar lima manfaat menyelamatkan hewan stray. Berikut daftar manfaatnya.

1. Meningkatkan fungsi neurotransmitter, hormonal, dan sistem kekebalan tubuh

Ketika stres terjadi, sistem saraf simpatik Anda melepaskan banyak pembawa pesan kimia. Kalau saat menghadapi situasi yang mencancam, pembawa pesan ini membuat kita waspada. Artinya ada segi positifnya mengalami stres. Tetapi ketika stres kronis, molekul-molekul pembawa pesan ini mengakibatkan kerusakan psikofisiologis. Nah, ketika berada di dekat hewan peliharaan, fungsi sistem saraf parasimpatis ini berbeda kinerjanya. Sistem mengurangi keberadaan bahan kimia inflamasi, seperti kortisol dan sitokin, sehingga mengurangi stres.

menyelamatkan hewan peliharaan menurut penelitian bermanfaat mengurangi stres
Ilustrasi menyelamatkan hewan menurut penelitian bermanfaat mengurangi stres (Freepik)

2. Peningkatan eksitasi neuron cermin

Sulit sekali tidak tersenyum ketika Anda pulang dan disambut anabul lompat-lompat ceria sambil menggoyangkan ekornya. Ini merupakan gambaran aktifnya neuron cermin, yang menyala ketika mengamati perilaku organisme lain sehingga pengamat berperilaku serupa.

Kalau kucing atau anjing yang Anda selamatkan tersenyum pada Anda, maka senyum di wajah juga tak enggan mekar. Ini adalah konsep perkembangan evolusioner penting yang terlibat dalam pembelajaran, kesadaran diri, dan pembentukan empati. Dengan melihat anjing atau kucing yang bersemangat, neuron cermin kita segera beraksi, menyebabkan kita meniru perilaku tersebut, sehingga menghasilkan pengaruh positif.

3. Aktivitas fisik dan keceriaan meningkat

Bermain dan berolahraga adalah dua cara terbaik untuk mengurangi stres. Aktivitas ini membuat darah bersirkulasi dengan baik, neurotransmitter aktif, dan endorfin mengalir. Saat hari berat, mustahil Anda tetap berdiam diri ketika melihat anabul berlari-lari ceria di sekitar Anda.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Merawat hewan peliharaan mengharuskan Anda fokus pada tugas. Itu bisa termasuk memberi makan, jalan-jalan bersama, merawat untuk kesehatan hewan peliharaan, memandikan, membersihkan litterbox, dan lainnya. Dengan fokus pada tanggung jawab kepemilikan hewan peliharaan, secara tidak sengaja Anda mempraktikkan mindfulness yang merupakan metode penting mengurangi stres.

5. Meningkatkan perasaan baik

Empat manfaat yang disebutkan di atas, berlaku untuk semua hewan peliharaan. Namun manfaat kelima ini sedikit unik. Sebab menurut Comer, menunjukkan kasih sayang pada hewan yang Anda adopsi atau selamatkan, adalah hal yang menyenangkan dan mengurangi stres Anda.

Manfaat menyelamatkan hewan di atas, merupakan daftar manfaat dalam disertasi Comer. Ia meneliti tentang intervensi terapeutik pada veteran perang yang mengalami stres pasca-trauma (PTS/post-traumatic stress). Hasil penelitiannya tersebut menemukan, berada di dekat hewan peliharaan menyebabkan para veteran dengan PTS mengalami penurunan perenungan kognitif dan hiperarousal. Ini memungkinkan terjadinya efek menenangkan, mengurangi stres, dan memiliki pandangan yang lebih bahagia secara keseluruhan.