Ini yang Perlu Anda Lakukan untuk Menciptakan Suasana Nyaman bagi Hewan Peliharaan di Rumah
Ilustrasi (Cats Coming/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran hewan peliharaan terbukti dapat menghilangkan stres bagi pemilik rumah. Bahkan banyak yang menganggap hewan peliharaan mereka, seperti anjing, kucing, atau kelinci sebagai bagian dari keluarga. 

Studi terbaru yang menganalisis 139 kumpulan data dari sejumlah negara di dunia dan telah dipublikasikan dalam jurnal LetterOne menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki efek positif hingga 50 persen lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak memelihara hewan peliharaan.

Tak sedikit pula yang rela mengeluarkan banyak uang demi menyediakan berbagai perlengkapan khusus demi kenyamanan hewan peliharaan. Bagi Anda yang rumahnya tidak memiliki banyak ruang untuk masing-masing fungsi tentu harus berbagi dengan hewan peliharaan atau anabul (anak bulu).

Selain kenyamanan hewan, desain interior rumah yang ramah hewan juga akan memudahkan Anda sebagai pemilik rumah dalam mengurus peliharaan dan memiliki waktu yang berkualitas di dalam rumah tanpa harus terganggu dengan hewan peliharaan.

Berikut empat tips dalam menata rumah ramah hewan peliharaan sehingga Anda bisa menciptakan ruang yang nyaman dan juga aman untuk mereka.

Ketahui sifat dan kebiasaan hewan

Tiap hewan peliharaan tentu memiliki kebiasaan berbeda-beda. Ada yang senang berlari-larian dan melompat ke atas furnitur, ada juga yang lebih memilih tidur-tiduran di atas karpet atau sofa. Menyesuaikan karakter hewan peliharaan ini penting untuk mengetahui tipe furnitur dan penataan seperti apa yang cocok buat mereka.

Untuk hewan peliharaan yang aktif, Anda perlu menyiapkan area untuk bermain. Bila hewan peliharaan Anda lebih senang bermanja-manjaan, maka tempat tidur empuk bisa jadi pilihan untuk Anda sediakan demi kenyamanan anabul. Ukuran tubuh hewan peliharaan juga perlu dipertimbangkan untuk menghindari peletakan barang yang mudah tersenggol dan mudah pecah.

Pilihan lantai

Pilih lantai yang tidak cepat rusak dan tidak mudah kotor. Beberapa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing senang melakukan gerakan seperti menggali tanah pada lantai. Itu sebabnya, Anda perlu mempertimbangkan material yang sesuai untuk lantai berdasarkan sifat dan kebiasaan anabul Anda. 

Pilihan lantai semen unfinished, vinyl, dan marmer adalah yang terbaik. Hindari penggunaan karpet karena berisiko memerangkap bulu-bulu hewan yang rontok dan menjadi sarang kotoran untuk penghuni rumah yang tentunya dapat mengganggu kesehatan penghuni rumah lainnya.

Gunakan kain pelapis antinoda

Sama seperti lantai, sebaiknya Anda memilih pelapis kain untuk sofa dan gorden yang mudah dibersihkan. Hindari kain yang memiliki kecenderungan mudah menempelkan bulu seperti kain beludru, corduroy, dan sejenisnya. Sofa kulit juga bisa jadi pilihan karena mudah dibersihkan, namun jangan lupa memberikan kain pelapis untuk menghindari hewan peliharaan berbulu seperti anjing dan kucing mencakar atau menggigit permukaannya.

Area bermain hewan peliharaan

Jika hewan peliharaan Anda kucing, Anda bisa menyiapkan cat tree untuk jadi pelengkap furnitur. Sedangkan untuk anjing, siapkan kandang yang nyaman untuk tempat tidurnya atau pagar pembatas yang memberikan penanda tempatnya beraktivitas atau bermain.