Setiap Hari Hujan? Begini 7 Cara Menjaga Hewan Peliharaan dan Rumah Tetap Bersih
Ilustrasi merawat hewan peliharaan saat musim hujan (Unsplash/Chewy)

Bagikan:

JAKARTA – Ketika setiap hari turun hujan, di sekitar rumah menggenang air. Bagaimana cara tepat merawat hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing? Ini merupakan kegelisahan yang ada di depan mata. Setiap pagi atau sore membutuhkan waktu untuk mengajak anjing kesayangan jalan-jalan, tetapi hujan. Belum lagi kondisi rumah yang lembab perlu segera di atasi.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menjaga hewan peliharaan dan rumah tetap bersih? Berikut tipsnya.

1. Ajak hewan peliharaan ke luar rumah

Ini tampak seperti tidak mungkin, tetapi bisa kok. Anda perlu mengecek setiap waktu prakiraan cuaca, terutama ketika jamnya si anabul jalan-jalan. Atau bisa mempersiapkannya sehari sebelumnya supaya tidak terjebak hujan dan gagal keluar ke sekitar rumah.

Perlu Anda ketahui, bahwa anjing akan merasa gelisah jika di dalam rumah terus-terusan. Hewan peliharaan berbulu ini butuh melepaskan energinya, misalnya dengan jalan ke sekitar rumah. Jika anabul merasa gelisah, Anda akan susah mengontrolnya.

2. Ajak aktivitas dalam ruangan

Untuk membantu merilis kegelisahan hewan peliharaan di rumah, Anda bisa mengajak beraktivitas di dalam ruangan. Ini cukup membantu, sebab anjing sering gelisah ketika hujan disertai petir. Mainan baru juga menarik untuk membantu mengurangi kegelisahan hewan kesayangan.

3. Tutup pintu keluar dan masuk

Dilansir Healthy Pets, Selasa, 2 November, menutup pintu keluar masuk meminimalisir hewan peliharaan keluar dan masuk rumah. Dengan cara ini, hewan peliharaan tidak akan keluar tanpa izin. Terutama saat hujan turun, agar hawa dingin tak ikut masuk lewat pintu.

4. Pakaikan tali sebagai kendali

Saat membawa anjing jalan-jalan, tentu jalan yang dilewati tak sekering musim kemarau. Untuk menghindari anjing bermain air tergenang, pakaikan tali sebagai batasan atau kendali. Penting juga menggunakan pakaian pelindung untuk anjing, seperti jas hujan. Jangan lupa berikan perhatian khusus pada telinga anjing, tutupi saat diajak jalan-jalan.

5. Pakai pembersih

Terdapat dua jenis pembersih kaki anjing setelah diajak jalan-jalan pada musim hujan. Anda bisa memakai keset, handuk, ataupun kain lap dan sarung tangan. Bisa juga menggunakan wadah air untuk membasuh telapak kakinya supaya ketika masuk rumah tidak membawa lumpur dari luar.

6. Jangan lupa mengeringkan tubuh hewan peliharaan

Bisa menggunakan handuk untuk mengeringkan tubuh hewan peliharaan. Meskipun tak benar-benar kering, dapat juga memakai pengering rambut untuk mengeringkan bulunya. Ini juga akan membatasi kelembapan agar tidak menyebar ke mana-mana. Pastikan anjing tetap hangat apalagi saat hujan deras.

7. Biarkan kucing tetap di dalam ruangan

Memelihara kucing memang lebih mudah jika dibandingkan memelihara anjing. Tetapi memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu memastikan anabul tetap sehat meski setiap waktu turun hujan. Anda cukup menyiapkan wahana bermain dan rumah-rumahan lucu agar ia tetap bisa merilis energi berburunya.

Untuk perlengkapan Anda, seperti sepatu bot, jas hujan, payung, pastikan berada di tempat yang semestinya. Hindari membawanya ke ruangan hangat supaya tidak membuat tempat tersebut becek karena tetesan air.