Jadi ODGJ di <i>Just Mom</i>, Ayushita Terinspirasi dari Kucing
Ayushita (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Ayushita berperan sebagai ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) bernama Murni untuk film Just Mom arahan Jeihan Angga. Dengan peran barunya, Ayushita memiliki kesulitan untuk mendalami karakter.

“Pendalaman karakternya gimana ya nih. Tapi film Ayu sama Dapur Film tuh enggak pernah sama (karakternya),” kata Ayushita di konferensi pers Just Mom pada Jumat, 26 November.

Di sini, Ayushita dipertemukan dengan aktris senior Christine Hakim yang berperan sebagai Siti dan akan merawatnya. Tetap saja Ayushita kebingungan dengan mendalami karakter sebagai ODGJ.

“Kan aku di sini jadi ODGJ ya enggak mungkin nanya langsung ke ODGJ ya,” jelas Ayushita.

Uniknya beberapa bulan sebelum syuting, seekor kucing mendatang rumah Ayushita. Kucing yang cantik ini dalam kondisi tidak terawat sehingga Ayushita merawat sampai suatu hari, kucing itu menghilang.

Kemudian dia menggunakan metode mencari kucing ala Jepang. Dia berbicara dengan kucing-kucing di sekitar rumahnya untuk menemukan Cookie, nama kucing tersebut.

"Aku bilang, 'tolong dong kalo misal ketemu kucing yang matanya hijau, bulunya agak panjang, tolong suruh pulang ke sini,” kata Ayushita.

Ternyata kucing itu kembali ke rumah dalam waktu dua sampai tiga hari. Ketika bertemu dengan Ayushita, kucing ini tidak berbicara dan hanya melihat Ayu sepanjang waktu.

"Ketika dapat skrip itu, aku kayak bu Siti yang senang merawat anak-anak. Aku membuat Murni, sikap dan sifatnya seperti Cookie," kata Ayushita.

Just Mom dikisahkan seorang ibu bernama Siti (Christine Hakim) yang berada di usia senja. Kedua anaknya sudah berkeluarga dan sibuk dengan pekerjaannya.

Suatu saat, Siti bertemu dengan seorang penderita ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang sedang hamil bernama Murni (Ayushita). Murni dirawat oleh Siti sepenuh hati sekaligus menemani kehidupan Siti yang sepi.

Film Just Mom dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia pada 20 Januari 2022.