Review Film <i>Kadet 1947</i>: Cerita Sejarah Dibawakan Ringan
Kadet 1947 (Temata Studios)

Bagikan:

JAKARTA - Film bertema sejarah selalu menarik untuk disimak. Kali ini, rumah produksi Temata Studio mempersembahkan film Kadet 1947 yang disutradarai Rahabi Mandra dan Winaldo Artaraya Swastia.

Kadet 1947 menceritakan sekumpulan para kadet atau calon penerbang Angkatan Udara yang melakukan peristiwa serangan udara pertama Indonesia ke tentara Belanda di tahun 1947.

Mereka adalah Mulyono (Kevin Julio), Sigit (Bisma Karisma), Suharmoko (Omara Esteghlal), Saptoadji (Marthino Lio), di bawah perintah Kardi (Hardi Fadhillah). Selain itu ada tim teknisi yang membantu para Kadet, yakni Tardjo (Wafda Saifan), Kapoet (Fajar Nugra), dan Dul (Chicco Kurniawan).

Dalam perjalanannya, para Kadet kerap mendapat cibiran dari para penerbang. Meski begitu, mereka tetap gigih dalam mengerjakan pesawat untuk bertempur. Saat itu Agresi Militer Belanda 1 terjadi dimana Belanda melakukan serangan ke beberapa wilayah di Indonesia.

Para Kadet pun meminta izin untuk ambil bagian tapi dilarang karena mereka masih pelajar sehingga tidak diperbolehkan membawa senjata dan mengendarai pesawat. Kemudian, Saptoadji membuat rencana agar mereka bisa terbang.

Plot yang diadaptasi dari kejadian nyata mampu diramu sutradara secara ringan. Hal ini terbantu berkat unsur komedi yang tipis namun menetralisir adegan.

Sisi drama yang dihadirkan Sigit dan kekasihnya, Asih (Givina Lukita) juga turut meringankan cerita Kadet 1947. Debut Givina dalam layar lebar dilakukan sangat baik.

Para Kadet memiliki chemistry yang dapat dipercaya. Belum lagi kehadiran pemeran Agustinus Adisutjipto (Andri Marshadi), Halim Perdanakusuma (Ibnu Jamil), Soedirman (Indra Pacique), serta Soekarno yang dimainkan Ario Bayu.

Salah satu yang menarik perhatian adalah desain set produksi dan detail yang memukau. Hanya saja CGI yang ada di Kadet 1947 terasa awkward tapi tidak mengganggu keseluruhan cerita.

Lagu tema Kadet 1947 berjudul Bakti yang dinyanyikan Anneth juga membuat adegan klimaks terasa megah dan membuat merinding.

Secara keseluruhan, Kadet 1947 berfokus kepada perjalanan para Kadet dibandingkan kisah sejarah itu. Akan tetapi, film ini mampu mengeksekusi sejarah yang belum diketahui banyak orang.

Film Kadet 1947 bisa disaksikan di bioskop Indonesia mulai Kamis, 25 November.