Jadi Nama Bandara, Ibnu Jamil Ingin Generasi Muda Mengenal Siapa Halim Perdanakusuma
Ibnu Jamil (Foto: IG @ibnujamilo)

Bagikan:

JAKARTA - Ibnu Jamil adalah salah satu aktor yang berperan dalam film Kadet 1947. Di sini, dia memerankan karakter Halim Perdanakusuma, sebuah tokoh penting bagi sejarah Indonesia.

“Jujur saya sebagai pahlawan nasional ini jatuhnya jadi film ketiga. Dulu sekali, saya pernah (memerankan) Hj. Agus Salim kedua jadi asisten pak Jenderal Soedirman. Dan sekarang, sebagai Halim Perdanakusuma,” kata Ibnu Jamil di konferensi pers Kadet 1947 di Plaza Senayan XXI, Jakarta pada Senin, 22 November.

Menurutnya, tidak perlu membandingkan penampilan karakter dengan pemeran aslinya karena sampai kapanpun tidak akan pernah sama.

“Kalau kita mau komparasi karakter asli dengan karakter yang diperankan tidak akan ketemu. Saya yakin tim sutradara dan pemain ingin menyampaikan daya juang, spirit lewat kendaraan Kadet 1947,” katanya.

Dia berharap lewat film ini, masyarakat terkhusus generasi muda bisa mengetahui pahlawan Indonesia.

“Generasi Z tidak hanya kenal Avengers atau Eternals tapi saya juga ingin Kadet 1947 dikenal,” harapnya.

Sementara itu, kesulitan para pemain dalam memerankan Kadet 1947 adalah minimnya sumber dalam mencari cerita.

“Beban buat saya pribadi dan teman-teman yang memerankan tokoh pahlawan nasional terutama Jenderal Soedirman. Tidak banyak yang bisa saya korek dari Soedirman karena di beberapa channel membahas perilaku dan kisah bukan kepribadiannya,” tambah Indra Pacique sebagai Soedirman.

Film Kadet 1947 akan rilis di bioskop Indonesia mulai 25 November.