<i>Kadet 1947</i>, Perjuangan Calon Anggota TNI untuk Terbang di Masa Agresi Militer
Sutradara, produser, dan pemain Kadet 1947 (Tari/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Temata Studios akan merilis sebuah film terbaru berjudul Kadet 1947. Sesuai namanya, film ini berfokus kepada cerita para kadet yang belum banyak disorot oleh publik.

Terinspirasi dari kisah nyata, Kadet 1947 menceritakan sekelompok kadet atau calon anggota TNI Angkatan Udara: Mulyono (Kevin Julio), Sigit (Bisma Karisma), Suharmoko (Omara Esteghlal), Saptoadji (Marthino Lio), di bawah perintah Kardi (Hardi Fadhillah) yang melakukan peristiwa serangan udara pertama Indonesia ke tentara Belanda di tahun 1947. Saat itu terjadilah Agresi Militer Belanda yang pertama.

“Pada dasarnya film ini kan film anak muda ya, para kadet 1947 ini berjuang dengan semangat dengan kebandelan mereka gitu ya maka bisa dibilang konsepnya kadet sendiri,” kata Aldo Swastia, salah satu sutradara Kadet 1947.

Menurutnya, film ini juga mengalami kesulitan dengan adanya pandemi. Mereka memanfaatkan situasi tersebut untuk mempertajam film sehingga Kadet 1947 tampil lebih baik.

Rilis di bulan November, Kadet 1947 ingin mengambil momentum Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu. “Kita mau coba momentum di hari pahlawan cuma sebelumnya atas semua yg disampaikan memang betul-betul luapan emosional untuk memberikan kabar ini,” jelas Tesadesrada Ryza selaku produser.

Dengan cerita aslinya yang kurang disorot, para pemain Kadet 1947 setuju jika film ini bisa menjadi pengetahuan untuk publik.

“Jadi tahu peristiwa Kadet 1947 dan pahlawan yang belum diketahui banyak orang,” kata Givina Lukita.

“Jadi belajar banyak. Aku enggak ngeh sebelumnya sama sejarah ini. Di sini, produksinya juga ngasih kita banyak resource jadi melek sejarah. Pulang-pulang kaya,” kata Chicco Kurniawan.

Bekerja sama dengan Legacy Films dan Screenplay Films, Kadet 1947 akan tayang di bioskop Indonesia mulai 25 November 2021.