5 Cara Menciptakan Kesan Pertama yang Positif untuk Memperluas <i>Networking</i>
Ilustrasi cara menciptakan kesan positif untuk networking (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam memperluas networking, Anda perlu menciptakan kesan pertama yang positif dan kuat. Ini akan berdampak besar dalam membuka peluang baru baik aspek profesional, pencari kerja, atau terhubung dengan orang lain. Untuk mendapatkannya, Anda perlu melakukan tips berikut ini.

1. Berpakaian yang tepat

Cara berpakaian seseorang, menggambarkan seberapa profesional dia dalam bidang yang ia tekuni. Misalnya, seorang model akan memilih pakaian sesuai profesinya. Jika Anda memiliki profesi lainnya, maka perlu berpakaian secara tepat dan sesuai momen.

Cara ini berguna dalam memperkuat citra dan menggambarkan bagaimana Anda menampilkan diri sehingga memengaruhi kesan pada orang lain. Maka, kenali acara yang akan Anda hadiri. Kenali pula tipikal peserta yang datang dan nantinya berinteraksi dengan Anda. Misalnya, dalam acara formal, sebaiknya mengenakan jas dan dasi atau gaun. Di sisi lain, jika acaranya lebih santai, maka pakaian kasual bisnis akan sesuai. HIndari aksesori berlebihan, pilih pakaian yang nyaman, dan tetaplah percaya diri.

cara menciptakan kesan positif untuk memperluas networking
Ilustrasi cara menciptakan kesan positif untuk memperluas networking (Freepik/yanalya)

2. Tunjukkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman

Ketika Anda mendapatk ruang untuk berbicara, maka manfaatkan sebaik-baiknya. Tunjukkan kemampuan Anda dan boleh dengan percaya diri membicarakan tentang pengetahuan serta pengalaman. Bisa pula Anda membawa kartu nama baik fisik maupun digital. Dengan begitu, Anda bisa menghampiri banyak orang dan mengenalkan diri secara professional dengan kartu nama tersebut.

3. Ramah

Menjadi orang yang fleksibel tampaknya memang dibutuhkan. Tetapi tetap saja memerlukan kepercayaan diri. Anda juga perlu menunjukkan sikap untuk menuai dampak positif di acara yang Anda hadiri. Melansir Skills You Need, Senin, 6 Juni, jadilah orang yang mudah didekati dan ramah karena ini membantu membuka interaksi dengan orang lain.

4. Percaya diri

Percaya diri adalah kunci untuk dapat berkomunikasi secara efektif. Ketika seseorang percaya diri, seseorang dapat berbicara dengan jelas dan mengekspresikan diri dengan cara yang mudah dipahami orang lain. Ini membuat Anda lebih mudah membangun hubungan dan memberi memberi kesan pada orang lain.

cara menciptakan kesan positif untuk memperluas networking
Ilustrasi cara menciptakan kesan positif untuk memperluas networking (Freepik/Cookie_studio)

5. Sikap yang mudah didekati

Ketika seseorang mudah didekati, dia memendarkan aura keramahan, keterbukaan, dan membuat orang lain tertarik membuka percakapan. Langkah pertama untuk bersikap mudah didekati adalah perbanyak senyum, menjaga kontak mata, dan gunakan bahasa tubuh yang lebih terbuka. Hindari bahasa tubuh yang membungkuk atau menyilangkan tangan. Karena gestur ini membuat orang lain merasa tidak nyaman dan mengesankan Anda orang yang pesimis serta tertutup.

Selain kelima tips menciptakan kesan positif untuk memperluas networking di atas, perlu juga Anda menjadi pendengar yang baik. Dengarkan lawan bicara Anda, kemudian ajukan pertanyaan yang relevan. Dengan menjadi pendengar yang baik, berarti Anda memperhatikan apa yang dikatakan orang lain dan secara aktif mencoba memahami perspektif mereka.