8 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan dan Suasana Hati
Ilustrasi manfaat tersenyum untuk kesehatan dan suasana hati (Freepik/halayalex)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda murah senyum, besar kemungkinan memiliki suasana hati yang baik. Namun penting dikenali, menurut penelitian terdapat tiga jenis senyuman. Pertama, senyuman yang menunjukkan persetujuan, kebahagiaan, kepuasan, dan perasaan positif.

Jenis senyuman yang kedua, dimaksudkan untuk mengkomunikasikan niat positif, seperti kepercayaan, rasa memiliki, kasih sayang, dan hubungan sosial. Jenis senyuman yang ketiga, agak berbeda. Karena senyum ditujukan untuk menyampaikan superioritas, rasa jijik, hingga penghinaan yang terbukti meningkatkan hormon stres pada orang yang menjadi sasarannya. Jenis senyuman mana yang sering Anda lemparkan ke lingkungan Anda? Pakar membagikan penjelasan mengenai apa saja manfaat tersenyum untuk kesehatan hingga suasana hati Anda, ini daftarnya.

1. Membantu hidup lebih lama

Sebuah penelitian menemukan bahwa senyuman yang tulus dan intens dikaitkan dengan umur lebih panjang. Orang bahagia tampaknya menikmati senyuman karena mempertahankan suasana hati yang bahagia dan positif.

manfaat tersenyum untuk kesehatan dan suasana hati
Ilustrasi manfaat tersenyum untuk kesehatan dan suasana hati (Freepik)

2. Meredakan stres

Jadwal Anda begitu padat, maka ada kalanya perlu meluangkan waktu memutar tayangan yang membuat Anda tertawa lebar. Pasalnya, dengan tersenyum membantu Anda mencegah kelelahan, kewalahan, dan mengurangi stres.

3. Meredakan rasa sedih

Tersenyum, seperti yang telah dijelaskan di atas, dapat membantu membuat Anda merasa bahagia. Suatu waktu ketika Anda merasa sedih, cobalah tersenyum. Kemungkinan besar suasana hati akan berubah menjadi lebih baik, jelas terapis Amy Morin, LSCW., dilansir VerywellMind, Minggu, 28 Mei. Tambahnya lagi, tersenyum memicu pelepasan dopamine dan serotonin, sehingga mood meningkat. Oleh karena itu, tersenyum kerap dianggap sebagai antidepresan alami.

4. Mengubah suasana hati orang lain menjadi lebih baik

Tersenyum dapat menular, sehingga bisa menciptakan suasana hati menyenangkan bagi orang-orang di sekitar Anda. Penelitian membuktikannya, bahwa senyuman sebenarnya menular. Ketika melihat orang tertawa dan tersenyum, otak secara otomatis memperhatikan dan menginterpretasikan ekspresi wajah orang lain. Dengan begitu tak menutup kemungkinan Anda akan meniru ekspresi tersebut.

manfaat tersenyum untuk kesehatan dan suasana hati
Ilustrasi manfaat tersenyum untuk kesehatan dan suasana hati (Freepik/lifestylememory)

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi efektif. Kekebalan tubuh akan berfungsi dengan baik, ketika Anda dalam kondisi rileks. Jadi, selain membuat Anda rileks, tertawa juga bermanfaat bagi kekebalan tubuh Anda.

6. Menurunkan tekanan darah

Tersenyum menguntungkan untuk tekanan darah Anda. Secara khusus, tampaknya bermanfaat menurunkan tekanan darah setelah menyebabkan peningkatan pada awal ketika detak jantung dan pernapasan lebih cepat. Meskipun tersenyum terbukti menurunkan detak jantung saat menghadapi stres, mengenai manfaat tersenyum untuk menurunkan tekanan darah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Ini berkaitan dengan bagaimana dan faktor apa saja dari tersenyum dapat mengurangi tekanan darah.

7. Mengurangi rasa sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa tersenyum melepaskan endorphin, obat penghilang rasa sakit, dan serotonin. Bahan kimia otak ini, membuat kita merasa nyaman dari ujung kepala hingga kaki. Tersenyum dianggap sebagai obat alami.

manfaat tersenyum untuk kesehatan dan suasana hati
Ilustrasi manfaat tersenyum untuk kesehatan dan suasana hati (Freepik/marymarkevich)

8. Tersenyum membantu Anda tetap positif

Morin menyarankan tes sederhana, cobalah untuk memikirkan sesuatu yang negatif tanpa kehilangan senyum. Ini akan sulit kecuali tersenyum dengan perasaan positif. Meskipun rasanya tidak alami atau dipaksakan, tetapi ini mengirimkan pesan ke otak dan seluruh tubuh Anda.

Selain delapan manfaat tersenyum di atas, kalau Anda ingin mencapai kesuksesan dan meningkatkan kepercayaan diri, tersenyumlah.