Menurut Sains, 8 Jenis Olahraga Ini Cocok untuk Sekeluarga dan Bikin Bugar
Ilustrasi jenis olahraga yang cocok untuk keluarga dan bikin bugar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kalau sering pegal atau menyisakan efek tertentu pada tubuh, artinya perlu menemukan ritme, intensitas, dan gerakan olahraga yang cocok. Mengingat hal tersebut, penelitian sains memberikan rekomendasi jenis olahraga yang sesuai. Apa saja jenisnya? Berikut, pahami mana yang paling cocok untuk Anda lakukan secara rutin.

1. Pilates

Pilates adalah latihan berdampak rendah yang berfokus pada inti pinggul, punggung, dan perut Anda. Gerakannya berfokus pada tubuh Anda sendiri sebagai perlawanan dan memanfaatkan koneksi pikiran dengan tubuh. Di samping itu, pilates juga membantu membangun kekuatan, fleksibilitas, serta membuat persendian Anda bekerja sebagaimana mestinya.

2. Tai Chi

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi adalah pendorong besar suasana hati dan kesehatan. Tai chi membawa meditasi ke tingkat berikutnya dengan tahapan-tahapan gerak. Serangkaian gerakan lambatnya membantu keseimbangan dan menghilangkan stres. Melansir WebMD, Selasa, 10 Januari, tai chi bagus untuk segala usia.

jenis olahraga yang cocok untuk sekeluarga
Ilustrasi jenis olahraga yang cocok untuk sekeluarga dan bikin bugar (Freepik)

3. Berjalan

Olahraga paling sederhana tetapi yang terbaik untuk tubuh dan otak Anda. Anda dapat melakukannya hampir di mana saja. Olaraga ini juga mudah untuk persendian, meningkatkan suasana hati, dan membantu jantung Anda tetap sehat.

4. Yoga

Mengenai otot Anda, jika tidak digunakan akan hilang massanya. Maka dengan peregangan lembut dalam gerakan yoga membuat Anda tetap lentur sehingga Anda dapat menikmati kehidupan yang aktif. Anda juga bisa mendapatkan manfaat yoga untuk menghilangkan stres, meningkatkan pernapasan, mengencangkan otot, dan memberi lebih banyak energi.

jenis olahraga yang cocok untuk sekeluarga
Ilustrasi jenis olahraga yang cocok untuk sekeluarga bugar (Freepik)

5. Berenang

Dalam hal olahraga, berenang punya banyak sekali manfaat. Mulai dari untuk persendian, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, hingga membakar kalori. Ini sangat baik jika Anda pernah mengalami cedera karena air mengurangi beban tubuh sehingga Anda bisa tetap memompa jantung tanpa rasa sakit.

6. Jogging

Jika kalori yang ingin Anda bakar, maka berlari akan memberi hasil maksimal. Satu jam membakar kalori dengan berlari atau jogging akan mendapatkan dua kali lebih banyak daripada bersepeda atau berjalan kaki untuk waktu yang sama.

7. Lompat tali

Olahraga lompat tali bukan hanya untuk taman bermain. Tetapi latihan pembangkit tenaga listrik tubuh ini, dapat Anda lakukan hampir di mana saja dan hanya perlu tali untuk melakukannya. Manfaat olahraga lompat tali, membantu membangun otot kaki bagian bawah, meningkatkan koordinasi Anda, dan menciptakan lebih banyak jalur di otak. Itu membantu ingatan Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia.

jenis olahraga yang cocok untuk sekeluarga
Ilustrasi jenis olahraga yang cocok untuk keluarga dan bikin bugar (Freepik/tirachardz)

8. Dancing

Menari masuk dalam ketegori olahraga yang membuat hati Anda paling bahagia saat menggerakkan kedua kaki dan lengan Anda. Ritme dan gerakan tarian yang konstan dapat dilakukan. Selain menyehatkan, dancing begitu menyenangkan dan membuat motivasi Anda kembali.

Itulah kedelapan jenis olahraga yang cocok untuk sekeluarga tetap bugar tanpa berisiko terutama bagi Anda yang pernah cedera. Bagi Anda yang dalam kondisi sehat, jenis olahraga di atas dapat dilakukan dengan mudah. Anda cukup mengatur jadwal dan menjalaninya secara rutin.